DISKOMINFO KALTIM

Akmal Malik Dampingi Jokowi Tinjau Pembangunan Kantor Presiden di IKN

43
×

Akmal Malik Dampingi Jokowi Tinjau Pembangunan Kantor Presiden di IKN

Share this article
Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik bersama rombongan saat mendampingi Presiden Jokowi saat kunker di Kaltim

SEPAKU,suarabalikpapan.com-Pada hari ketiga kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Sepaku, beberapa kegiatan penting telah menanti. Setelah menginap di lokasi glamping IKN, Presiden Jokowi segera melakukan kunjungan ke lokasi pembangunan Kantor Presiden pada pagi Kamis (2/11/2023). Kunjungan ke situs pembangunan Kantor Presiden dilakukan oleh Presiden Indonesia sekitar pukul 07.05 Wita. Ia ingin melihat perkembangan konstruksi Kantor Presiden, yang sebelumnya telah melibatkan peresmian simbolis dengan memasang bilah pertama Garuda.

Akmal Malik, Penjabat Gubernur Kalimantan Timur, menjelaskan,
“Pak Presiden juga menginspeksi sejumlah proyek pembangunan IKN dari atas gedung Kantor Presiden,” katanya setelah mendampingi Presiden Joko Widodo. Selanjutnya, Presiden meluangkan waktu untuk mengunjungi Persemaian Mentawir. Persemaian Mentawir memiliki peran penting dalam strategi Presiden Joko Widodo untuk menjadikan IKN sebagai lingkungan yang hijau dan sejuk. Presiden Jokowi telah mengunjungi Persemaian Mentawir beberapa kali. Tujuannya adalah memastikan ketersediaan jutaan bibit pohon yang akan digunakan untuk menghijaukan kawasan IKN. Sebagaimana diketahui, IKN direncanakan dengan konsep “forest city” atau kota di dalam hutan. Kawasan IKN yang awalnya didominasi oleh tanaman tunggal, seperti eukaliptus, akan digantikan dengan pohon-pohon endemik Kalimantan, seperti ulin, bengkirai, meranti, dan kapur, serta berbagai jenis pohon endemik lainnya dari Indonesia dan dunia.
“Presiden Jokowi sangat serius dalam komitmen menjadikan IKN sebagai lingkungan yang hijau,” tegasnya. Selain itu, beberapa agenda lainnya juga menunggu Presiden Joko Widodo, termasuk acara peletakan batu pertama untuk kompleks kantor Bank Indonesia dan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di IKN. Presiden Jokowi juga dijadwalkan menghadiri acara Kompas 100 CEO Forum yang akan digelar di area IKN. Dalam berbagai kegiatan ini, hadir pula sejumlah pejabat tinggi, termasuk Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe. Saat berkunjung ke Persemaian Mentawir, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya serta Pj Gubernur Akmal Malik.(adv/sb-02/diskominfokaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *