by

Alhamdulillah Kasus Covid di Kaltim Melandai, Lebaran Kedua Enam Daerah O Kasus, Balikpapan hanya 4 Kasus

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com–Kasus Covid-19 di Kalimantan Timur belakangan ini mengalami penurunan. Laporan Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim terdapat 13 kasus positif baru, pada Jumat (14/05/2021). Enam daerah O kasus yaitu, Samarinda,  Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Mahakam Ulu, Penajam Paser Utara dan Paser. Sedangkan yang tertinggi  Berau 7 kasus, disusul Balikpapan 4 kasus, dan Kutai Timur dan Bontang masing-masing 1 kasus.

Sesuai laporan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan dalam rilisnya 4 kasus positif baru di Balikpapan berusia 33 tahun hingga 52 tahun. Satu pasien dengan riwayat suspek dirawat di rumah sakit dan 3 kasus dengan riwayat orang tanpa gejala (OTG).

Kemudian terdapat 23 pasien sembuh atau selesai isolasi mandiri yakni 1 pasien selesai perawatan dari rumah sakit Pertamina dan 22 pasien selesai isolasi mandiri. Secara kumulatif jumlah positif covid-19 sebanyak 16.385 kasus, sebanyak 61 pasien perawatan di rumah sakit, sebanyak 246 pasien isolasi mandiri, sebanyak 15.492 pasien sembuh dan 586 kasus kematian.

Sebelumnya Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi meminta warga Balikpapan agar tetap mematuhi protokol Kesehatan (prokes) guna mencegah meningkatnya kasus Covid-19 di Balikpapan. “Patuhilah prokes yang sudah kita putuskan bersama,” kata Rizal yang juga Ketua Satgas Covid-19 Kota Balikpapan Rizal Effendi.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan agar jangan sampai kejadian di India terulang di Indonesia apalagi Kota Balikpapan sebagai kota terbuka banyak pendatang yang masuk harus waspada dan hati-hati jangan sampai lengah.

“Memang kasus covidnya melandai, tapi belum terkendali sehingga diminta waspada lebih baik mencegah daripada sudah kejadian. Justru ini covidnya belum selesai, bahkan sudah ada varian-varian baru yang dibawa dari luar negeri, ketimbang kejadian kita parah seperti India sekarang lebih baik kita lakukan pembatasan lebih dulu salah satunya larangan mudik,” pungkasnya.(sb-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini