by

Atasi Persoalan Banjir di Balikpapan Perlu Dilakukan Bersama-sama

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Hujan deras yang mengguyur Kota Balikpapan pada Kamis (19/8/2021) dini hari telah menyebabkan banjir cukup parah pada beberapa titik diantaranya depan Mal Living Plaza dan Global Sport Jalan MT Haryono,  Tugu Adipura Jalan Ahmad Yani dan kawasan Beller Jalan MT Haryono.

Menurut Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan, Sabaruddin Panrecalle, banjir di Kota Balikpapan merupakan permasalahan klasik, karena mau hujan sedikit maupun deras pasti banjir.

“Maka dari itu banjir ini harus kita urai bersama-sama, bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Tapi peran masyarakat juga dibutuhkan untuk bekerja bersama-sama mengatasi banjir ini,” kata Sabaruddin kepada awak media, Kamis (19/8/2021).

Dia menuturkan, permasalahan banjir merupakan program prioritas Wali Kota Balikpapan, maka pemerintah kota akan melakukan normalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Ampal  untuk melakukan penanganan banjir di Balikpapan.

“Tapi perlu kita ketahui ada 6 kecamatan dan 34 kelurahan, jadi banjir itu bukan hanya daerah Sungai Ampal aja. Tapi hampir semua wilayah Balikpapan,” ujarnya.

Jika kita ingin melihat kondisi banjir, kata Sabaruddin maka kita harus turun ke tempat banjir tersebut. Agar kita tahu apa penyebab banjir tersebut. Untuk jangka pendek mengantisipasi masalah banjir perlu dilakukan pengerukan sedimentasi dan membersihkan saluran air dari sumbatan sampah.

“Mengatasi banjir harus dilakukan kajian hulu hingga hilir, jika kajiannya benar maka titik banjir akan berkurang. Tapi kalau sekarang titik banjir tidak berkurang malah titik banjir makin bertambah. Maka hal ini harus diselesaikan oleh OPD terkait,” pintanya.(sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini