Provinsi Kaltim

Awal Membaca, Murid SDN 001 Balikpapan Kota Bisa membuat Cerita

37
×

Awal Membaca, Murid SDN 001 Balikpapan Kota Bisa membuat Cerita

Share this article
Dani Apriani Pengelola Perpustakaan SDN 001 Balikpapan Kota

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com- Awal tahun 2023 minat baca murid di SDN 001 Balikpapan Kota mengalami peningkatan, hal tersebut terlihat dengan jumlah kunjungan murid ke perpustakaan dan meminjam buku untuk dibawa pulang. Dani Apriani, Pengelola Perpustakaan SDN 001 Balikpapan Kota, mengatakan bahwa pada tahun 2022 minat baca berkurang, karena pandemi Covid-19. Namun untuk tahun ini minat baca di SD ini mengalami peningkatan, hal tersebut terlihat dari daftar kunjungan murid ke perpustakaan. “Pembaca yang datang ke perpustakaan ini bukan per murid, tapi per kelas.

Jadi satu kelas itu datang ke perpustakaan untuk membaca satu kelas itu jumlah muridnya 28 orang dengan total murid mencapai 500 lebih,” katanya kepada wartawan, Selasa (28/2/2023). Ia menerangkan, setiap hari satu kelas yang berkunjung ke perpustakaan, kecuali hari Sabtu itu bebas murid yang datang untuk membaca di perpustakaan.
“Untuk buku yang ada di perpustakaan ini, di dapat melalui dana BOS, kemudian bantuan dari kelas enam yang mau lulus, tapi kita tidak mewajibkan, seikhlasnya saja bagi mereka yang mau memberikan,” terangnya. Dia menyampaikan, bahwa buku yang paling banyak di baca oleh murid-murid SDN 001 adalah buku cerita, dongeng dan lain-lain. Sehingga awal dari membaca, murid disini sudah dapat membuat cerita.
Selain itu, lanjut Apriani, buku baca bukan hanya ada di perpustakaan, tapi ada di setiap kelas. Kita membuat pojok baca di setiap kelas. Sehingga bagi murid yang ingin membaca tapi malas ke perpustakaan bisa membaca di pojok baca yang ada di kelas. “Jadi kita juga membuat literasi membaca bagi murid selama 10 menit, agar kedepannya murid-murid bisa terbiasa membaca,” pungkasnya.(sb-02/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *