Provinsi Kaltim

Pojok Baca Tingkatkan Minat Baca Murid SDN 013 Balikpapan Utara

52
×

Pojok Baca Tingkatkan Minat Baca Murid SDN 013 Balikpapan Utara

Share this article
Pojok baca SDN 013 Balikpapan Utara

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Upaya meningkatkan minat baca di SDN 013 Balikpapan Utara membuat program literasi membaca selama 10 menit sebelum jam pelajaran dimulai. Kepala SDN 013 Balikpapan Utara, Eny Supriani mengatakan, bahwa sebelum jam pelajaran dimulai, pihaknya mewajibkan murid untuk membaca selama 10 menit. Hal itu dilakukan untuk agar nantinya murid-murid bisa terbiasa untuk membaca, tanpa disuruh.

“Jadi sebelum jam pelajaran dimulai, murid diwajibkan membaca selama 10 menit di pojok baca  di setiap ruang,” kata Eny ketika diwawancarai wartawan di ruang kerjanya, Selasa (28/2/2023). Dia menjelaskan, bahwa selama ada pojok baca di ruang kelas, minat baca terus mengalami peningkatan, dan antusias murid untuk membaca juga terus meningkat. Hal itu sejalan dengan program yang kita buat, literasi membaca buku selama 10 menit.
Ia menyampaikan, untuk buku yang ada ini, kita anggarkan melalui dana BOS, kalau bantuan dari pihak swasta kita belum ada. Buku yang paling banyak dibaca oleh murid di SDN 13 ini. Yakni, buku pembelajaran dan buku bacaan. “Jadi yang paling banyak dibaca itu, buku pelajaran dan buku bacaan, seperti buku cerita, dongen, sejarah, kisah-kisah nabi dan lain-lain,” terangnya. Menurutnya, penekanan literasi membaca itu sangat penting. Sehingga tidak ada lagi murid yang tidak bisa membaca. Jadi semua harus bisa membaca. Alhamdulillah di sekolah ini semua murid bisa membaca.(sb-02/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *