DPRD Balikpapan

Bahas Naskah Akademik Raperda, DPRD Balikpapan Gandeng UNM dan Unbraw

56
×

Bahas Naskah Akademik Raperda, DPRD Balikpapan Gandeng UNM dan Unbraw

Share this article
Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh menghadiri FGD penyusunan naskah akademik/naskah penjelasan Raperda Inisiatif DPRD Kota Balikpapan, di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Kamis (20/7/2023).

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com–DPRD Balikpapan menggelar focus group discussion (FGD) penyusunan naskah akademik/naskah penjelasan Raperda Inisiatif DPRD Kota Balikpapan, di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Kamis (20/7/2023).

Wali kota Balikpapan Rahmad Mas’ud dalam sambutanya yang dibacakan Staff Ahli Bidang Sosial, Kesejahteraan, dan Pengembangan SDM Heria Prisni mengatakan, pemerintah kota menyambut baik serta mendukung dilaksanakannya kegiatan ini.
“Selain sebagai ajang silaturahmi, forum ini bertujuan untuk menambah / meningkatkan pengetahuan tentang penyusunan naskah akademik Raperda,”kata Heria dalam sambutannya.
Adapun beberapa hal yang dibahas, diantaranya kajian akdemik tentang pengembangan ekonomi Kota Balikpapan, kajian akademik tentang wisata bahari dalam pengembangan potensi wisata di Balikpapan. Naskah penjelasan dan Raperda tentang perubahan atas Perda Nomor 9 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Lalu naskah penjelasan dan Raperda tentang perubahan atas Perda Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penyertaan Daerah pada Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB). Naskah akademik tentang fasilitas pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dan prekursor narkotika.
“Serta naskah akademik tentang pengelolaan barang milik daerah, pembangunan kepemudaan Kota Balikpapan dan fasilitas penyelenggaraan pondok pesantren,” jelasnya.
Dijelaskan, FGD ini bertujuan agar naskah akademik memuat konsep awal gagasan-gagasan tentang dasar pemikiran perlunya disusun suatu rancangan peraturan daerah, termasuk di dalamnya asas-asas hukum, ruang lingkup, dan materi muatan peraturan daerah.
“Saya kira naskah kajian dan akademis ini memiliki nilai strategis dalam upaya mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang semakin baik di Balikpapan, juga dalam rangka mendukung fungai Balikpapan sebagai beranda dan otot perekonomian di kawasan IKN,” imbuhnya.
Untuk itu ia mengucapkan terima kasih kepada ketua dan anggota DPRD Balikpapan, para akademisi Universitas Negeri Malang (UNM) dan Universitas  Brawijaya (Unbraw) Malang, serta stakeholder yang terlibat dalam penyusunan naskah akademik dan naskah kajian yang akan didiskusikan pada forum FGD.(sb-02) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *