DPRD Balikpapan

Budiono : Masih Banyak Pengembang Belum Serahkan PSU

28
×

Budiono : Masih Banyak Pengembang Belum Serahkan PSU

Share this article
Wakil Ketua DPRD Budiono saat diwawancarai awak media

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-DPRD Balikpapan menggelar Rapat Paripurna Pertama Masa Sidang I /2023, di ruang rapat Paripurna, Rabu (4/1/2023) pagi.

Adapun agenda rapat yakni, pengumuman agenda kerja DPRD Balikpapan Masa Sidang I/2023 dan pengumuman perpanjangan masa kerja Panitia Khusus (Pansus) Pengawasan Implementasi Perda Kota Balikpapan Nomor 5 Tahun 2013 tentang Penyediaan dan Penyerahan Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) pada Kawasan Perumahan.

Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan , Budiono mengatakan,  masa kerja pansus diperpanjang hingga Maret 2023, dimana yang semulanya berakhir pada November 2022 .

Artinya, lanjut Budiono, di sana ada potensi sarana prasarana perumahan yang sampai hari ini belum diserahkan oleh para pengembang kepada Pemkot Balikpapan, sehingga APBD Balikpapan tidak bisa masuk untuk perbaikan di perumahan-perumahan tersebut. “Dari pengembang totalnya hampir lebih dari 230, dan mungkin tidak sampai 50 yang sudah menyerahkan bahkan mungkin kurang dari 50 pengembang,” ujarnya.

Untuk kendala diantaranya yaitu, masih adanya syarat-syarat dan ketentuan yang ditangani OPD terkait belum memenuhi syarat. Mengenai perda terkait perumahan itu 40 persen termasuk sarana dan prasarana yang di dalamnya ada jalan, drainase dan RTH. Kemudian sarana pendidikan empat persen dan pemakaman dua persen. “Yang sarana dan prasana itu harus diserahkan ke Pemerintah Kota Balikpapan,” akunya.

Ditambahkan ada sekitar 19 program DPRD Kota Balikpapan pada Masa Sidang I/2023 seperti menyusun perda, mengajukan kajian naskah akademik dan lainnya. Untuk penekanan masa kerja di awal tahun ini, pihaknya akan melakukan pendalaman akademik dengan instansi terkait sebagai pembukaan kegiatan kerja di tahun 2023. “Pada awal tahun ini kita akan memperdalam naskah akademik yang akan kita dalami di universitas-universitas,” pungkasnya.(sb-02)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *