Kabupaten Paser

Bupati Fahmi Ajak Masyarakat Paser Sukseskan Pemilu 2024

32
×

Bupati Fahmi Ajak Masyarakat Paser Sukseskan Pemilu 2024

Share this article
Bupati Paser dr Fahmi Fadli dan keluarga berfoto bersama usai coklit data Pemilu 2024 di kediamnya yang dilakukan KPU bersama petugas Pantarlih Kabupaten Paser

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Pencocokan dan penelitian (coklit) data Pemilu 2024 dilakukan para Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), PPS Kelurahan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Komisi Pemilihan Umum (KPU) selesai, di kediaman Bupati Paser dr.Fahmi Fadli dan keluarga baru-baru ini.

Ketua KPU Paser Abdul Qayyim Rasyid mengatakan, coklit kepada tokoh masyarakat seperti Bupati, Wakil Bupati dan Ketua DPRD Paser sudah dilaksanakan. Proses Coklit ini, telah berlangsung 12 Februari dan berakhir  14 Maret 2023. Setelah pemilih dicoklit, akan dilaksanakan rekapitulasi mulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga tingkat kabupaten untuk ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS), setelah itu dilakukan perbaikan DPS dari semua tingkatan dan ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 pada Juni 2023.
“Coklit ini dalam rangka memeriksa kelengkapan administrasi, dengan coklit ini pemilik akan masuk di DPS setelahnya perbaikan  dan Juli 2023 ditetapkan dalam DPT,” kata Qayyim, Jumat (17/3/2023). Qayyim melanjutkan, terdapat dua TPS pada Pemilu 2024 yakni, TPS reguler dan TPS Khusus, untuk TPS khusus hanya berlaku bagi perusahaan, Rumah Tahanan, dan sekolah.
“Di sini sudah ada perusahaan yang mengajukan untuk dijadikan lokasi TPS khusus, begitu juga dengan Rutan,” ujarnya.
Sedangkan untuk syaratnya TPS khusus ini kata Qayyim, perusahaan mengajukan diri ke KPU untuk direkap, dan semua elemen daftar pemilih menjadi kewajiban perusahaan atau Rutan. Ia mengimbau kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam penyusunan daftar pemilih dengan mengecek sendiri secara online apakah sudah terdaftar atau belum melalui laman https://cekdptonline.kpu.go.id/.
“Apabila ada kesalahan data, penempatan TPS, ataupun belum terdaftar dalam daftar pemilih dapat melaporkan ke PPS, PPK dan KPU Kabupaten Paser,” ujarnya.
Sementara itu Bupati Paser dr.Fahmi Fadli usai dilakukan Coklit yang merupakan bentuk dukungan dalam mensukseskan Pemilu 2024, mengajak masyarakat Kabupaten Paser khusunya untuk turut serta mensukseskan semua tahapan penyelengaraan Pemilu 2024, sehingga pesta demokrasi ini dapat berjalan dengan lancar, damai, dan aman.
“Saya imbau masyarakat untuk ikut serta mensukseskan pemilu dengan mengikuti rangkaian tahapan yang sudah disiapkan KPU, dan pada akhirnya bisa ikut meramaikan pesta demokrasi,” kata Fahmi.
Fahmi, menambahkan, dalam bentuk mendukung mensukseskan pemilu 2024 Pemkab Paser juga telah menganggarkan melalui APBD. “Pemerintah daerah juga telah mengganggarkan melalui APBD dalam menyukseskan tahapan Pemilihan,” tambahnya.(sb-06/adv/kominfo-psr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *