by

Bupati Fahmi Apresiasi KPU Paser saat Mengembalikan Sisa Dana Hibah Pilkada Rp3,6 Miliar

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Bupati Kabupaten Paser dr Fahmi Fadli mengucapkan terimakasih kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Paser yang telah bekerja dengan baik sehingga tidak ada masalah hukum pada Pilkada Serentak 2020 lalu. Selain itu, ia akan mengupayakan apa yang menjadi usulan KPU dalam rangka persiapan Pilkada Serentak 2024. “Kami akan upayakan apa yang menjadi keinginan KPU Paser mendatang,” kata Bupati Fahmi saat menerima Ketua KPU Paser, Abdul Qayyim Rasyid, di ruang kerjanya Rabu, (5/5/2021) sore.

Ia menegaskan terkait permintaan KPU Paser  akan persiapan Pilkada Serentak 2024, akan segera dibahas lebih lanjut melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah  (TAPD). “Kami dari pihak Pemerintah daerah berpesan kepada KPU Paser agar segera memenuhi segala persyaratan dalam proses pengajuan anggaran persiapan Pilkada Serentak 2024 mendatang,” pintanya.

Sekadar diketahui, KPU Paser menyerahkan sisa dana hibah Pilkada Serentak 2020 sebesar Rp3,6 miliar dari total Rp 34 miliar  pemberian anggaran pada  pelaksanaan Pilkada Paser di Kantor Bupati Paser, Rabu, (5/5/2021) sore.

Ketua KPU Paser Abdul Qayyim Rasyid mengatakan, pengembalian sisa anggaran ini berasal dari dana sengketa Pilkada 2020, dan dana lainnya yang tidak dapat dipergunakan dalam tahapan Pilkada. “Sisa anggaran tersebut, kami kembalikan sebagai bentuk pertanggungjawaban KPU Paser, atas penggunaan anggaran dari APBD,” ucapnya

Ia memaparkan  anggaran ini misalnya gugatan hukum akibat sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sehubungan Kabupaten Paser merupakan salah satu daerah yang aman dan tidak ada gugatan ke MK, sehingga anggaran tersebut dikembalikan lagi ke daerah. “Kami sangat bersyukur, Pilkada Paser aman dan damai, sehingga hasil yang diputuskan oleh KPU tidak sampai, ke ranah hukum,” jelas Qayyim.

Tak lupa ia mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak terkait yang telah ikut serta dalam mensukseskan Pilkada Paser  semoga sinergitas lembaga  yang baik ini dapat terjalin pada pemilihan atau pemilu yang akan datang. Pihaknya juga mengharapkan dana yang dikembalikan nantinya, dapat digunakan kembali oleh KPU Paser, sebagai persiapan Pemilu Serentak 2024. “Dari total anggaran yang dikembalikan Rp3,6 miliar agar dapat digunakan kembali oleh KPU Paser. Perkiraan anggaran yang kami butuhkan sekitar Rp1,3 miliar untuk Pemilu Seretak 2024,” akunya.(adv/sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini