Kabupaten Paser

Bupati Fahmi Blusukan ke Pasar dan Kantor Kelurahan di Long Ikis, Persiapan Lomba Kelurahan Tingkat Nasional

2454
×

Bupati Fahmi Blusukan ke Pasar dan Kantor Kelurahan di Long Ikis, Persiapan Lomba Kelurahan Tingkat Nasional

Share this article
Bupati Paser dr Fahmi Fadli meninjau fasilitas umum di Kelurahan Long Ikis yang akan mengikuti penilaian Lomba Kelurahan Tingkat Nasional mewakili Kaltim.

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Bupati Paser dr Fahmi Fadli meninjau Pasar Rabu, Gang Bugis, dan Kantor Kelurahan Long Ikis, pada Selasa (25/6/2024) sore. Peninjauan ini sebagai upaya pihaknya dalam mendukung pembangunan dan pengembangan desa dan kelurahan di Kabupaten Paser, baik infrastruktur, peningkatan SDM, maupun peningkatan fasilitas penunjang lainnya. Termasuk persiapan Kelurahan Long Ikis mengikuti Lomba Kelurahan Tingkat Nasional, setelah meraih Juara I Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Kaltim 2024.
Bupati Fahmi Fadli mengatakan, peninjauan ini dilakukan menindaklanjuti hasil rapat di Ruang Rapat Sadurengas terkait kesiapan Kelurahan Long Ikis mengikuti Lomba Kelurahan Tingkat Nasional mewakili Kaltim, serta peninjauan Pasar Rabu di RT 04, RW 02, Kelurahan Long Ikis. Pasar dalam waktu dekat ini akan dilakukan penataan ulang, agar tak terlihat kumuh. Selain itu, juga akan dilakukan peningkatan badan jalan masuk pasar, parkiran, halaman pasar, perbaikan kios, pengadaan bak sampah, dan wastafel cuci tangan.
“Kalau untuk Pasar Rabu ini akan diperbaiki, ditata dan dirapikan, untuk menghilangkan kesan kumuh, tentu perbaikan dan pembagian ini tidak hanya untuk persiapan lomba saja, kedepannya akan terus dilakukan pembangunan secara berkelanjutan dan bertahan,” kata Bupati Fahmi, Selasa (25/6) sore.
Sedangkan Gang Bugis di RT 02 RW 02 Kelurahan Long Ikis, juga akan dilakukan perbaikan sejumlah bangunan, fasilitas umum (fasum), dan pembangunan fasilitas baru berupa Ruang Terbuka Hijau (RTH) di sekitar lapangan bola voli. Kemudian, peningkatan badan jalan masuk Gang Bugis, pembangunan gapura masuk Gang Bugis, menjalankan program Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan, dan peningkatan jembatan dari kayu menjadi jembatan beton.
Bangunan SD 011 Long Ikis pun kata Bupati Fahmi, tak luput dari perbaikan dan pengadaan cat untuk mewarnai sejumlah bangunan tersebut agar terlihat lebih bersih, rapi, dan indah dipandang. Setelah itu juga dilakukan peninjauan terhadap kantor Kelurahan Long Ikis. Baik terkait bangunan, infrastruktur, program, maupun fasilitas penunjang lainnya.
“Kami sudah melihat secara langsung situasi di lapangan, apa yang kira-kira bisa kita lakukan dalam waktu yang singkat ini, untuk memberikan dukungan dalam rangka penilaian terhadap Kelurahan Long Ikis ini,” jelasnya.
Dijelaskannya dalam perlombaan itu, selain penilaian administrasi, juga terkait pelaksanaan program yang sudah berjalan. Dalam hal ini, Pemkab Paser melibatkan seluruh perangkat daerah, agar nanti pada saat penilaian minimal nilainya bisa lebih tinggi lagi.
Ia berharap Kelurahan Long Ikis dapat meraih juara nasional, serta memberikan motivasi bagi desa dan kelurahan lainnya dalam rangka tata kelola pemerintah dan masyarakat.
“Kami harap semoga apa yang kita inginkan tercapai, serta pemerintahan yang efektif efisien, transparan dapat berjalan lebih baik lagi,” jarapnya.
Sementara itu Lurah Long Ikis, Ika Fristyawati mengucapkan terimakasih kepada Bupati Paser dr Fahmi Fadli yang telah memberikan waktunya untuk melihat langsung keadaan di wilayah Kelurahan Long Ikis.
“Terimakasih atas antusias Bupati terhadap Kelurahan Long Ikis, yang benar-benar konsen dan hadir secara langsung kelapangan meninjau keadaan kami, semoga ini memberikan motivasi pada kami,”harapnya.(sb-06)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *