by

Dampak PPKM Darurat, Target Pajak 2022 Berpotensi Tidak Tercapai

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Realisasi target pajak tahun 2021 Pemkot Balikpapan sebesar Rp 511 miliar berpotensi tidak tercapai. Hal ini disebabkan hingga periode bulan ke enam, pajak daerah terkumpul hanya Rp240 miliar.

Anggota Komisi II DPRD Balikpapan, Syukri Wahid menjelaskan, untuk mencapai target itu maka enam bulan ke depan, setiap bulan harus memaksimalkan pemasukan pajak daerah sebesar Rp 42 miliar.

“Bisakah dinas pajak itu dengan multipart yang sedang turun-turunnya dua bulan ini kita akan lihat dua bulan ke depan kalau itu turun maka siap-siap exitplane adalah rasionalisasi,” kata Syukri kepada awak media, Senin (26/7/2021).

Menurutnya, akibat menurunnya pendapatan pajak daerah juga dipengaruhi kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Dimana penerapan itu berdampak diberbagai usaha seperti hotel dan restoran.

“Orang dibatasi bergerak ke Balikpapan, kemudian restoran orang tidak boleh makan di tempat. Udah pasti revisi tapi nanti yah kita belum bisa pastikan. Mendiagnosa dulu datanya,” katanya.

Meski demikian, Syukri juga tak terburu-bru pesimis, pasalnya ada peluang capaian pajak dapat terpenuhi. Seperti, menarik Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang belum mencapai 30 persen. Kedua, mengawal pendapatan dari kenaikan PBB tahun ini. “Yang berpotensi itu PBB karena itukan orang belum bayar PBB September terakhir ini,” pungkasnya.(sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita terkini