by

Dana Pinjaman Pemkab Paser Rp600 M Mayoritas untuk Proyek Infrastruktur

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Pemkab Paser sedang memproses pinjaman dana sebesar Rp600  miliar dengan bunga 6 persen kepada PT BPD Kaltimtara.

Bupati Paser dr Fahmi Fadli mengatakan, pinjaman tersebut akan difokuskan pada percepatan pembangunan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Paser. Apabila dimungkinkan akan dilakukan lelang terlebih dahulu guna mempercepat pembangunan infrastruktur sesuai harapan masyarakat Paser.

“Artinya kegiatan yang kami lakukan selama menjabat ini bukan kerja-kerja biasa akan tetapi kerja-kerja yang luar biasa untuk percepatan pembangunan infrastruktur dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Paser,” ujar Fahmi, kepada awak media, pada Selasa (31/8/2021)

Lanjut Fahmi, dengan adanya pinjaman tersebut maka Pemkab Paser akal melakukan perbaikan infrastruktur pada tahun  2022 dengan melibatkan pihak ketiga.

“Untuk dana pinjaman sebesar Rp 600 miliar tersebut, diperuntukkan untuk pengerjaan 11 poros jalan dan 18 segmen pada tahun 2022 tentunya kami akan melibatkan pihak ketiga yang benar-benar berkompeten untuk kegiatan pembangunan proyek fisik,” akunya.

Fahmi menegaskan, pihaknya akan melakukan pengawasan ketat saat proses lelang sejumlah proyek fisik tersebut. “Pengawasannya mulai dari awal, seperti saat proses lelang. Ya diatur bagaimana kesiapan pihak ketiga yang akan melakukan pengerjaan kegiatan tersebut,” ujarnya.

Untuk mekanisme pinjaman daerah tersebut kepada pihak perbankan, kata Fahmi, tidak dilakukan pembayaran dimuka, melainkan akan dibayarkan setelah pekerjaan proyek selesai. “Tidak ada uang muka saat mengerjakan kegiatan tersebut, pembayarannya setelah pekerjaan selesai. Jadi kalau pihak ketiga tidak profesional dalam mengerjakan proyek. Apalagi tidak selesai maka tidak kami bayar,” pungkasnya.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini