DPRD Balikpapan

Dewan Minta Dokumen Buku APBD Balikpapan 2023 Jangan Disembunyikan

34
×

Dewan Minta Dokumen Buku APBD Balikpapan 2023 Jangan Disembunyikan

Share this article
Sejumlah anggota DPRD Balikpapan meminta Pemkot Balikpapan untuk segera menyerahkan dokumen buku APBD Balikpapan 2023

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com–Kegiatan pembangunan yang dibiayai APBD 2023 perlu disampaikan secara transparan kepada masyarakat sehingga tidak ada yang perlu disembunyikan. Salah satunya salinan dokumen buku APBD Kota Balikpapan 2023 yang telah disahkan menjadi peraturan daerah (perda). “Jika dibiarkan, dikhawatirkan berpotensi terjadi ketidaksesuaian penganggaran karena tidak adanya keterbukaan dalam pengelolaan APBD Kota Balikpapan, ada apa sebenarnya dengan Pemkot Balikpapan,”kata anggota DPRD Balikpapan, H Haris, kepada awak media, di Gedung Parlemen Balikpapan, Jumat (10/2/2023). Menurut Haris, dokumen buku APBD tersebut menjadi acuan bagi anggota DPRD untuk melakukan fungsi pengawasan terhadap berbagai program dan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan legislatif.

“Seharusnya keberadaan dokumen buku APBD tersebut dibagikan ke seluruh anggota DPRD dan bukan untuk disembunyikan, sehingga DPRD dapat melakukan pengawasan terhadap berbagai program pembangunan,” terang Haris didampingi sejumlah anggota DPRD. Ia menduga, ada kesan dokumen buku APBD tersebut sengaja tak boleh diakses ke publik sehingga ada kesan ketidakberesan dan penyimpangan dalam pengerjaan program pembangunan yang bersumber dari APBD yang tidak boleh diketahui masyarakat. “Kami sudah tahu berapa anggaran di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sehingga kami meminta kepada Pemkot segera membagikan dokumen buku APBD itu. Agar fungsi DPRD dalam melakukan pengawasan bisa berjalan maksimal,” katanya. Ia menegaskan, apabila dokumen buku APBD belum juga dibagikan.

Maka, untuk APBD Perubahan Balikpapan 2023 tidak akan dibahas DPRD. “Salah satu contoh bagaimana kita mau mengawasi alokasi anggaran HUT Kota Balikpapan, kalau kita tidak terima dokumen buku APBD Balikpapan 2023,” akunya. Permintaan anggota DPRD ini telah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Jadi birokrasi pemerintahan atau badan publik harus memberikan akses kepada publik untuk mendapatkan informasi, termasuk APBD. Menanggapi permintaan anggota DPRD tersebut, Sekretaris DPRD Kota Balikpapan Irfan Taufik mengaku, bahwa pada Senin, 13 Februari 2023 Pemkot Balikpapan akan menyerahkan dokumen buku APBD Balikpapan 2023 ke Sekretariat DPRD Balikpapan. “Jadi dokumen buku APBD Balikpapan 2023 nantinya kami akan foto copy untuk dibagikan kepada 45 anggota DPRD Balikpapan,” pungkasnya.(sb-02)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *