by

Dewan Soroti Proyek Drainase Gunung Malang, Baru Setahun Rampung Sudah Jebol

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Kualitas proyek  saluran drainase di  kawasan  Jalan Mayjen Sutoyo (Gunung Malang) tepatnya seberang swalayan Indomaret baru saja dikerjakan tapi sudah jebol sehingga mendapat sorotan dari Anggota Komisi III DPRD Kota Balikpapan Taufik Qul Rahman. “Waduh proyek baru satu tahun lebih kok sudah jebol, ini karena lemahnya pengawasan saat pengerjaan oleh kontraktor akibat mengerjakan suka-suka hati,” kata Taufik kepada media ini, Selasa (1/05/2021).

Taufik mengungkapkan, pihaknya akan melakukan sidak untuk melihat langsung proyek tersebut bersama Bidang SDA dan Drainase DPU Balikpapan sebab mereka yang melakukan pengawasan. “Jadi kualitas proyek seperti itu bisa merugikan negara. Apalagi kalau proyek itu tidak sesuai dengan draf dan RAB. Kalau proyek drainase baru 1 tahun sudah jebol  berarti kontraktor bisa dikatakan, kerjanya asal-asalan yang mengambil keuntungan besar tanpa memikirkan kualitas proyek. Kontraktor seperti itu bukan hanya di blacklist tetapi perlu ditelusuri kinerjanya,” kata Taufik.

Setelah sebulan dikerjakan pada Februari 2020 proyek drainase Gunung Malang sudah jebol

“Kalau memang selama ini proyek yang di kerjakan oleh kontraktor tersebut tidak berkualitas jangan dipakai lagi, masih banyak kontraktor yang lain. Seingat saya waktu tahun lalu, di lokasi yang tidak jauh dari lokasi yang jebol sekarang, itu lebih parah lagi, baru satu bulan proyek selesai di kerjakan sudah jebol. Saya sangat menyangkan apabila proyek seperti itu karena berbahaya bagi kendaraan bermotor yang melintas maupun pejalan kaki,” ujar Taufik.

Sementara itu,  Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan Andi Muhammad Yusri Ramli mengatakan, beberapa waktu yang lalu, lokasi tersebut sudah di cek oleh Bagian SDA dan Drainase DPU. “Kemungkinan penyebab jebolnya drainase tersebut antara gorong- gorong atau ada bagian yang lepas sehingga air masuk dan menarik pasir yang ada di bawah jalan itu sehingga jebol. Kami minta kepada bagian SDA dan Drainase agar segera tangani,” pintanya.(adv/sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini