Kota Balikpapan

DKB Kembali Gelar BMAF II 2022, Pesertanya dari Berbagai Daerah di Indonesia

134
×

DKB Kembali Gelar BMAF II 2022, Pesertanya dari Berbagai Daerah di Indonesia

Share this article
Ketua DKB H Karmin Laonggeng (tengah) didampingi Sekretaris DKB Yudi Valen dan Koordinator Kegiatan Alfian Nur Azhari, menjelaskan kepada awak media terkait pelaksanaan BMAF II 2022

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com–Setelah sukses menggelar Balikpapan Manuntung Art Festival (BMAF) I 2019 lalu. Kini, Dewan Kesenian Balikpapan (DKB) kembali menggelar Manuntung Art Festival II 2022 yang akan digelar di Gedung Balikpapan Sport and Conventions Center (BSCC) Dome, pada 20 hingga 22 Desember 2022. “Kegiatan ini seyogyanya dilaksanakan setiap tahun sekali. Namun, akibat pandemi Covid-19 akhirnya baru bisa dilaksanakan kembali tahun ini,” kata Ketua DKB H Karmin Laonggeng didampingi Sekretaris DKB Yudi Valen dan Koordinator Kegiatan Alfian Nur Azhari, kepada awak media, di Gedung DKB Jalan Telagasari, Kamis (08/12/2022).

Menurut H Karmin, digelarnya kegiatan ini, tentunya tidak menyimpang dari seni budaya Kota Balikpapan. DKB menghelat kegiatan ini bertujuan agar seni budaya Kota Balikpapan benar-benar bisa membudaya ke masyarakat, tetap lestari, dan bisa dikenal di seluruh Indonesia. “Kita berharap ada tamu-tamu dari negara lain ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini agar seni dan budaya kita bisa dikenal oleh negara lain,” harap H. Karmin.

Menurut H Karmin, pihaknya ingin mengenalkan seni budaya di Balikpapan yang merupakan bagian dari Indonesia, sekaligus mendukung IKN Nusantara melalui pertunjukan seni dan budaya. “Saya berharap, pelaksanaan BMAF II 2022 bisa lebih baik dari BMAF I tahun 2019 lalu,” harap H Karmin.

Mengenai peserta, H Karmin menjelaskan BMAF II 2022 tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan BMAF I 2019 lalu. Namun, Dia memastikan ada perubahan karena motifnya jelas yakni kreasi, dan juga ada kontemporernya. Seperti tari tradisional tidak monoton. “Untuk kontemporer tidak akan ada perubahan. Namun, muatan lokal atau asli masih tetap mendominasi. Kegiatan ini sifatnya nasional, tentu pesertanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Tidak hanya Balikpapan, tetapi juga dari kabupaten/kota di Kaltim serta daerah lainnya di tanah air,”akunya.

Sekretaris DKB Yudi Valen menambahkan, pada BMAF II 2022 berbagai kegiatan dilaksanakan seperti festival tari daerah kreasi Nusantara se-Indonesia, festival musikalisasi puisi se-Indonesia, parade seni budaya dan ekstrakurikuler sekolah, parade band dan sampeq community Kota Balikpapan serta penampilan artis Ibu Kota. “Di kegiatan ini juga dilaksanakan pameran UMKM dan UMK kuliner nusantara, kuliner kekinian, aneka jajanan. Parade baca puisi dan pantun pejabat serta tokoh masyarakat Kaltim, promosi dan ekspos potensi pariwisata, budaya dan cagar budaya Balikpapan,” ujar Yudi.

Selanjutnya, kata Yudi, kegiatan ini juga menggelar lomba busana batik Balikpapan, pertunjukan kuda lumping, lomba tari daerah kreasi Kaltim, penganugrahan DKB Award 2022, serta eksebisi seni tari dalam dan luar negeri.(sb-02)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *