by

DLH Bersama Pama Persada, Gelar Pelatihan Budidaya Lebah Madu Kalulut di Desa Muser

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser bersama PT Pama Persada Nusantara Distrik Kideco menggelar pelatihan budidaya lebah madu kalulut atau Trigona sp, di Desa Muser, Kecamatan Muara Samu, 19 dan 20 Mei 2021 bertepatan dengan World Day Bee. Selain itu, PT Pama Persada Nusantara juga menyerahkan bantuan 7 paket koloni untuk budidaya madu kalulut di Desa Muser. Peserta pelatihan merupakan ketua-ketua RT, Karang Taruna serta Tim Penggerak PKK Desa Muser.

Kabid Pengelolaan Taman Hutan Raya DLH Kabupaten Paser, Teguh Haryanto mengatakan, lebah kalulut merupakan jenis lebah yang tidak menyengat serta menghasilkan madu berkualitas yang bermanfaat bagi kesehatan serta meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. “Lebah ini sangat menyukai beberapa tanaman berbunga seperti bunga matahari, bunga pukul sembilan, air mata pengantin, pohon mangga serta akasia. Sebagian besar tanaman itu ada di Desa Muser sehingga cocok untuk budidaya lebah madu kalulut,” aku Teguh.


Jajaran DLH Kabupaten Paser dan PT Pama Persada Nusantara Distrik Kideco berfoto bersama di sela-sela kegiatan pelatihan budidaya lebah madu kalulut

Kepala Desa Muser, Untung Sadarsah, mengucapkan terima kasih kepada DLH dan PT Pama Persada yang telah menggelar pelatihan budidaya lebah madu kalulut bagi warganya. “Sebenarnya sudah cukup lama wilayah Kecamatan Muara Samu sebagai sentral penghasil madu hutan di Kabupaten Paser dengan berbagai jenis lebah,” kata Untung.

Sementara itu, Pengelola Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pama Persada Nusantara Distrik Kideco, Hendra mengatakan, program ini merupakan lanjutan dari Program Rumah Sehat Peduli Lingkungan (RSPL) yang telah dilaksanakan di Desa Muser sehingga lingkungan  desa terlihat lebih asri dan nyaman.

Menurutnya, lingkungan Desa Muser layak untuk budidaya lebah madu kalulut sebab banyak sumber makanan bagi lebah. “Semoga program ini bermanfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat Desa Muser,” harapnya.(adv/sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini