Kabupaten Paser

DLH Paser Gelar Lomba Daur Ulang Sampah

46
×

DLH Paser Gelar Lomba Daur Ulang Sampah

Share this article
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Paser Achmad Safari

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser akan mengelar lomba kreasi daur ulang sampah memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023.   Kepala DLH Kabupaten Paser Achmad Safari mengatakan, HPSN diperingati 21 Februari, mengangkat tema ‘Tuntas Kelola Sampah untuk kesejahteraan Masyarakat’.  

“Terdapat beberapa syarat dan ketentuan dalam mengikuti lomba yakni karya yang dilombakan harus terbuat dari sampah atau barang bekas berbahan plastik seperti botol plastik, gelas plastik, kantong plastik atau kresek, jerigen, bekas kemasan makanan,” kata Safari, Jumat (10/2/2023).  
Sampah yang dijadikan bahan untuk lomba, lanjut Safari tidak boleh mengandung logam berat maupun limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) seperti plastik bekas infus atau obat, bekas tinta, bekas spuit suntik dan tidak boleh terkontaminasi limbah B3. Sedangkan untuk peserta lomba bisa dari perorangan maupun kelompok, untuk kelompok maksimal berjumlah 2 orang saja dan kegiatan ini terbuka untuk masyarakat umum, yang berdomisili di Kabupaten Paser.  
“Untuk peserta kami batasi hanya 50 peserta,  saja, peserta bisa mengisi formulir pendaftaran dan foto copy KTP,” ujarnya.  
Safari mengatakan, untuk pendaftaran akan dibuka 21 Februari hingga 3 Maret 2023 di Kantor DLH, Komplek Perkantoran Gedung E Lantai 2.Sementara, untuk penyerahan hasil lomba atau produk dilaksanakan 7 sampai 13 Maret selama jam kerja.   Sedangkan untuk tahap penyisihan akan dilaksanakan 15 Maret, untuk 10 peserta yang dinyatakan lolos menuju dalam babak final, akan diumumkan melalui grup Whatsapp (WA) peserta dan Instagram (IG) serta di website dlh.paserkab.go.id dan di akun facebook (FB). Tahap final lomba dilaksanakan 20 Maret, kemudian saat babak final peserta diminta untuk mempresentasikan produknya di hadapan dewan juri, dan untuk penetapan pemenang diumumkan 20 Maret 2023.   Selain menggelar lomba, DLH Paser juga akan melangsungkan berbagai kegiatan lainnya, yakni gerakan penanaman pohon di areal perkantoran, gerakan sedekah sampah, gerakan angkat sampah sama-sama di Pasar Induk Senaken (GASS).  
“Kita berupaya meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan, terutama mengurangi permasalahan sampah,” imbuhnya.   Safari, menambahkan kegiatan tersebut sejalan dengan arahan Bupati Paser dalam menciptakan pembangunan yang tetap mempertahankan kelestarian lingkungan. Pada puncak kegiatan peringatan HSPN, DLH Paser bersama dengan Kodim 0904 Paser juga berencana akan melakukan kegiatan bersih-bersih sampah di Pasar Induk Panyembolum Senaken.  
“Diharapkan para OPD dan institusi serta pelajar yang ada di Paser turut ikut serta sehingga tercipta sinergitas diantara semua pihak yang terlibat,” tambahnya.(sb-06/adv/kominfo-psr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *