Provinsi Kaltim

DPK Kaltim Miliki 3 Armada Pusling, Layani Warga Pelosok hingga Lapas dan Rutan  

37
×

DPK Kaltim Miliki 3 Armada Pusling, Layani Warga Pelosok hingga Lapas dan Rutan  

Share this article
Layanan Pusling milik DPK Kaltim

SAMARINDA,suarabalikpapan.com–Salah satu program layanan unggulan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim adalah layanan Perpustakaan Keliling (Pusling). Sasaran layanan Puling ini adalah masyarakat yang bermukim di wilayah pelosok, Lapas dan Rutan, panti-panti sosial, beberapa pusat tempat berkumpulnya masyarakat dan taman-taman baca.

Untuk mendukung layanan Pusling tersebut, DPK Kaltim memiliki tiga unit armada mobil yang setiap harinya rutin berkeliling di beberapa tempat untuk memberikan kemudahan pada masyarakat untuk mendapatkan bahan bacaan yang diinginkan. Untuk diketahui, ada 6 unit sosial yang rutin dikunjungi Pusling DPK Kaltim pada bulan April di antaranya, Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma Samarinda, Panti Sosial Asuhan Anak Harapan Samarinda, Panti Sosial Bina Remaja Samarinda, Rumah Tahanan Negara Samarinda, Lembaga Pemasyarakatan Samarinda, Lembaga Pemasyakaratan Narkotika Samarinda. Kepala Bidang Layanan, Otomasi dan Kerjasama DPK Kaltim Eka Mustika Wati mengatakan, layanan Pusling menjadi harapan bagi masyarakat untuk memperoleh informasi dan  menambah wawasan. “Program ini bergerak sudah lama. Setelah sempat vakum, tapi 2023 ini mulai aktif berjalan kembali sejak Maret. Setiap bulannya akan diperbaharui koleksi buku sebanyak 100 buku pada masing-masing lembaga,” ujarnya.
Dia menjelaskan, DPK Kaltim dalam melaksanakan layanan Pusling menerapkan  sistem drop book. Yakni,  DPK Kaltim akan menyalurkan buku-buku yang akan diperbaharui koleksi bukunya selepas satu bulan disalurkan. Jenis koleksi buku yang disalurkan juga menyesuaikan dengan minat dan latar belakang masyarakat.
“Penyaluran buku per bulannya dibagikan pada setiap pekan pertama dan kedua. Harapannya koleksi buku ini dapat membuka akses bagi masyarakat agar siapapun dapat membaca buku dimana pun mereka berada,” tutupnya.(sb-02/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *