Provinsi Kaltim

DPK Kota Bontang Hadirkan Program Layar Puspita Tingkatkan Literasi di Wilayah Pesisir

33
×

DPK Kota Bontang Hadirkan Program Layar Puspita Tingkatkan Literasi di Wilayah Pesisir

Share this article
DPK Kota Bontang menghadirkan program Layar Puspita untuk meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat pesisir, terutama anak-anak

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Bontang menghadirkan program Layar Puspita untuk meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat pesisir, terutama anak-anak. Program ini dijalankan secara rutin setiap tiga bulan ke daerah pesisir, seperti Malahing, Gusung, Tihi-tihi, dan Selangan.

Menurut Kepala DPK Bontang, Retno Febriaryanti, program Layar Puspita bertujuan untuk menjaga budaya membaca di kalangan anak-anak dan meningkatkan literasi. Melalui program ini, DKP berupaya memberikan akses literasi bagi masyarakat di wilayah pesisir, terutama bagi mereka yang sulit mengakses perpustakaan.
Dalam kondisi di mana 70 persen wilayah Bontang merupakan lautan, Retno menyatakan bahwa warga di wilayah pesisir harus mendapatkan perlakuan yang sama dengan warga di wilayah perkotaan, sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di wilayah pesisir tidak kalah bersaing dengan yang ada di wilayah perkotaan.
Retno juga menambahkan bahwa program Layar Puspita hadir untuk menjemput bola, yaitu mengunjungi masyarakat pesisir agar tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk datang ke perpustakaan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca dan akses terhadap informasi ilmu pengetahuan bagi masyarakat di wilayah pesisir yang akses internetnya tidak secepat di kota.
Dengan program Layar Puspita, diharapkan masyarakat di daerah pesisir Kota Bontang dapat mendapatkan wawasan yang sama dengan mereka yang tinggal di kota. Program ini juga diharapkan dapat memperkuat literasi di kalangan masyarakat pesisir dan membuka akses terhadap informasi untuk menghasilkan SDM yang kompeten dan siap bersaing.(sb-02/adv/dpk-kaltim)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *