Provinsi Kaltim

DPK Paser Bantu Kembangkan UMKM Melalui Program TPBIS

41
×

DPK Paser Bantu Kembangkan UMKM Melalui Program TPBIS

Share this article
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Paser Yusuf Sumarko

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Dalam upaya menumbuh kembangkan UMKM di Paser melalui program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS), Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten (DPK) Paser siap berkolaborasi dengan instansi terkait.

“Kami sangat mendukung dan siap berkolaborasi dalam melaksanakan program TPBIS bekerjasama dengan instansi terkait seperti Disperindagkop, Disnakertrans, DLH, Disdikbud, DPMD serta pihak ketiga yakni PT KJA dan Bankaltimtara,” kata Kepala DPK Paser, Yusuf Sumarko Rabu (8/3/2023).
Setelah mengikuti program TPBIS, lanjut Yusuf, pihaknya segera melakukan pelatihan, pembimbingan, serta pendampingan kepada semua UMKM di Kabupaten Paser, hal ini merupakan salah satu upaya dukungan terhadap UMKM di Paser.
“Kami dukung UMKM, tapi tetap fokus untuk melayani desa-desa yang belum terjangkau internet dengan memanfaat perpustakaan keliling menggunakan motor guna meningkatkan literasi untuk kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.
Pelatihan UMKM kata Yusuf Sumarko, menjadi materi tambahan usai pelaksanaan pengajian rutin di Diskarpus Paser. Pelatihan UMKM ini berupa bimbingan dan literatur. Salah satu materi yang disampaikan, yakni cara pengemasan produk yang baik dan menarik. Serta memberikan trik dan cara mempromosikan produk secara online menggunakan aplikasi WhatsApp, Facebook, dan Instagram. Salah satu UMKM binaan lapak produksi literasi yang sukses mengembangkan produknya, Nurhayati Masrah membuat makanan olahan dari singkong yang dipotong kecil-kecil menyerupai batang korek api, sehingga olahan itu dinamakan Keripik Korek.
“Produk Keripik Korek sukses dikembangkan melalui program TPBIS,” ujarnya.
Diakuinya berkat bimbingan dan pelatihan dari DPK Paser, produk Keripik Korek bisa bertahan hingga tiga bulan tanpa bahan pengawet karena pengemasan yang baik dan penghasilan saat ini mencapai Rp5 juta per bulan. “Melalui TPBIS diharapkan semakin banyak masyarakat yang berhasil mengembangkan UMKM di daerah dan tentunya akan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan  ini sejalan dengan visi Paser MAS,”ujarnya.(sb-06/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *