by

DPRD Paser Tetapkan Personalia dan Komposisi AKD, Dipilih Melalui Mekanisme Pemungutan Suara

TANA PASER,suarabalikpapan.com-DPRD Paser menggelar Rapat Paripurna Penetapan Personalia dan Komposisi Alat Kelengkapan DPRD (AKD), di ruang rapat paripurna Sekretariat DPRD Paser, Jumat (18/2/2022). Rapat dipimpin Ketua DPRD Hendra Wahyudi didampingi Wakil Ketua H Abdullah dan seluruh anggota DPRD. Komposisi AKD ditetapkan oleh pimpinan sidang, setelah dilakukan mekanisme pemungutan suara oleh anggota DPRD yang hadir dalam rapat paripurna tersebut.

Ketua Badan Kehormatan (BK) Rahmadi SE dari Fraksi Golkar 22 suara, Wakil Ketua Hj Dian Yuniarti dari Fraksi Demokrat  19 suara, dan anggota Sri Noordianti dari Fraksi Gerindra 19 suara. Sedangkan Ketua BK sebelumnya M Saleh mendapatkan 9 suara. Pada pemilihan tersebut setiap anggota DPRD mewakili tiga hak suara sehingga total 69 suara.

Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi, mengatakan, beberapa perubahan AKD lainya, seperti Ketua Fraksi NasDem dijabat Aspiana, menggantikan Muhammad Jarnawi. Ketua Fraksi PKB  dijabat Eva Sanjaya menggantikan Fahmi Fadli yang mengundurkan diri karena mecalonkan diri sebagai Bupati Paser.

Ia berharap seluruh anggota DPRD Paser yang duduk dalam personalia dan komposisi AKD untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan penuh rasa tanggung jawab. “Besar harapan kami nantinya anggota yang telah terpilih dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Sehingga, kinerja legislatif semakin optimal dalam mengawal pembangunan daerah,” pintanya.

Sementara itu usai paripurna, Ketua BK terpilih Rahmadi mengatakan, bahwa BK itu sangat berperan sekali untuk menjalankan tata tertib anggota DPRD. Selain itu mengawasi dengan benar kinerja anggota dewan jangan sampai terjadi kesalahan fatal yang dapat merusak citra lembaga legislatif.

“Hal ini sangat perlu kami awasi, pada intinya kami mau BK ini difungsikan sebagai pengawas internal anggota DPRD, bukan hanya sebagai pelengkap jabatan saja, makanya nanti dari segi fasilitas setiap tiga bulan kami evaluasi,”tutupnya.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita terkini