by

Eazy Passport, Layanan ‘Jemput Bola’ Imigrasi Balikpapan di Tengah Pandemi Covid-19

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com–Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan menyelenggarakan layanan Eazy Passport, di Ruang Rupatama Mapolda Kaltim, 15 dan 16 April 2021 dengan menerapkan protokol Kesehatan.

Kabag Binkar Biro SDM Polda Kaltim, AKBP Eliaser Dharma Bahagia Ginting mengatakan, Layanan Eazy Passport yang diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi Balikpapan merupakan inovasi yang luar biasa.

“Kami mengapresiasi dan sangat berterimakasih atas penyelenggaraan layanan Eazy Passport yang sangat memudahkan anggota Polda Kaltim dan keluarga dalam memperoleh paspor serta mendukung Kantor Imigrasi Balikpapan dalam meraih predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi),” kata Eliaser.

Sementara itu, Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan, Ferizal mengatakan, kegiatan ini merupakan inovasi-inovasi dari Imigrasi Balikpapan untuk memberikan kemudahan pelayanan pembuatan paspor kepada masyarakat. Seluruh alur permohonan dilakukan secara online mulai dari verifikasi berkas, penginputan data pada aplikasi penerbitan paspor, perekaman biometrik, wawancara sampai pada penyerahan kode billing pembayaran hingga Layanan Eazy Passport di Mapolda Kaltim. “Antusias pemohon paspor di Mapolda Kaltim sangat tinggi yakni sebanyak 93 permohonan,” ujar Ferizal.

Pertukaran cinderamata antara Kabag Binkar Biro SDM Polda Kaltim, AKBP Eliaser Dharma Bahagia Ginting dan Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan Ferizal

Sekadar diketahui, Layanan Eazy Passport merupakan pelayanan paspor kolektif yang dilaksanakan secara jemput bola dalam masa pandemi Covid-19. Dalam pelaksanaannya, petugas imigrasi akan mendatangi lokasi pemohon, baik di perkantoran pemerintahan, TNI-Polri, BUMN, BUMD, swasta, instansi Pendidikan, komunitas, atau organisasi hingga perumahan dan apartemen sekalipun. Nantinya, seluruh proses permohonan paspor, dimulai dari penyerahan dan pemeriksaan berkas persyaratan, wawancara, serta pengambilan foto dan sidik jari, akan dilakukan di lokasi tersebut. Pelayanan Eazy Passport Kantor Imigrasi Balikpapan sendiri dapat dilaksanakan dengan syarat jumlah minimal permohonan yaitu 10 orang dan mengajukan permohonan secara tertulis yang ditujukan kepada Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan.(sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini