Ekonomi

Eni Muara Bakau Sukses Bina Gapoktan di Kukar, Tanam Semangka Modal Rp15 Juta Panen Rp80 Juta

71
×

Eni Muara Bakau Sukses Bina Gapoktan di Kukar, Tanam Semangka Modal Rp15 Juta Panen Rp80 Juta

Share this article
Jajaran manajemen SKK Migas dan PT Eni Muara Bakau menunjukan produk kuliner Gapoktan Burung Enggang, saat pertemuan di Pendopo Pemuda Tani Milenial di Kecamatan Muara Jawa, Kutai Kartanegara, pada Selasa (14/3/2023)

MUARA JAWA,suarabalikpapan.com-Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersama PT Eni Muara Bakau mengajak awak media untuk bertemu langsung dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Burung Enggang di Pendopo Pemuda Tani Milenial di Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), pada Selasa (14/3/2023).

Kedatangan rombongan SKK Migas dan KKKS Eni Muara Bakau bersama awak media disambut gembira oleh para pemuda yang tergabung dalam Gapoktan Burung Enggang. Rombongan pun langsung dipersilakan menikmati hidangan yang disajikan dari hasil pertanian Gapoktan Burung Enggang seperti singkong, ubi, sukun sekaligus  berdiskusi tentang awal berdirinya Gapoktan Burung Enggang tersebut. Ketua Gapoktan Pemuda Tani Milenial Burung Enggang, Hamzah Al Fauzi mengatakan, pihaknya membentuk pemuda tani pada tahun 2018  diawali dengan menanam semangka dengan modal awal Rp15 juta.
“Ketika panen kami mendapatkan hasil Rp80 juta. Untuk lahan pemuda tani sendiri  di Kelurahan Muara Jawa  sekitar 500 hektar dan 60 hektar sudah bisa dimanfaatkan,” katanya.
Untuk jenis tanaman, kata Fauzi, ada Jagung, padi, sayur sayuran, buah-buahan dengan tanaman unggulan jagung yang sekali panen bisa menghasilkan 10 sampai 20 ton jagung. “Dan perlu diingat kebutuhan pangan tidak bisa digantikan dengan mesin, kalau pekerjaan yang lain bisa digantikan oleh mesin, tapi usaha pertanian sampai kapanpun tetap dibutuhkan,”akunya.
Untuk itu, Fauzi  mengucapkan terima kasih atas bantuan pertanian yang diberikan PT Eni Muara Bakau bagi petani di Kukar terkhusus Gapoktan Burung Enggang. “Alhamdulillah kami dari Gapoktan Burung Enggang akan tetap serius menggeluti dunia pertanian.  Semangat Petani Milenial Burung Enggang Muara Jawa akan terus berinovasi dalam bercocok tanam, bahkan dari kegigihan kami dan teman-teman akan membawa keberkahan tersendiri,” akunya.
Menurut Fauzi, saat ini, pihaknya telah mendapat bantuan dari Eni Muara Bakau  berupa 2 unit mesin cultivator, pembuatan sumur bor 2 unit hingga pembuatan kandang untuk ternak kambing dan ayam. “Semoga kepedulian PT Eni Muara Bakau dapat diikuti oleh dunia usaha lainnya guna membantu petani di Muara Jawa sehingga kualitas dan produksi pertanian akan meningkat,” harapnya.(sb-02)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *