DPRD Balikpapan

Fraksi PPP-Perindo Soroti Penempatan SDM OPD

63
×

Fraksi PPP-Perindo Soroti Penempatan SDM OPD

Share this article
Juru Bicara Fraksi PPP-Perindo DPRD Balikpapan Iwan Wahyudi

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com–Fraksi PPP include Perindo DPRD  Kota Balikpapan meminta Pemkot Balikpapan dalam hal ini Wali Kota Balikpapan agar menempatkan SDM yang kompeten di bidangnya. Permintaan tersebut guna mewujudkan perangkat daerah yang baik, tepat fungsi dan tepat ukuran, khususnya di lingkungan Pemkot Balikpapan.

Demikian diungkapkan juru bicara Fraksi PPP-Perindo DPRD Balikpapan Iwan Wahyudi saat rapat paripurna Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Kota Balikpapan atas Nota Penjelasan Wali Kota Balikpapan tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, belum lama ini.

“Semua ini dilakukan agar program yang disusun oleh Pemerintah Daerah dapat terlaksana sesuai tujuan yang hendak dicapai,” kata Iwan Wahyudi, Senin (6/5/2024).

Iwan Wahyudi mengatakan, pihaknya menyarankan agar Raperda tentang Pembentukan dan Susunan OPD dihitung dan dipertimbangkan dengan cermat jumlah kebutuhan, bidang dan seksi di dinas atau badan sesuai dengan urusan serta membangun kerja yang ada sehingga dapat terbagi dengan proporsional dan profesional.

“Penempatan pejabat struktural dan fungsional nantinya harus selektif dan memiliki kemampuan memadai, berintegritas berkompetensi serta memiliki kemampuan di bidangnya yang dilandasi latarbelakang yang tepat,” tambahnya.

Yang perlu dipahami dan menjadi perhatian dalam Raperda tentang Pembentukan dan Susunan OPD ini, lanjut Iwan Wahyudi, adalah seberapa besar luasnya unit kerja dinas atau badan yang ada di Pemkot Balikpapan sehingga dengan pemetaan, tantangan dan persoalan yang ada.

“Maka Pemkot Balikpapan Balikpapan dapat melakukan kreativitas serta inovasi birokrasi demi terwujudnya tujuan dan pelayanan Pemerintah yang optimal kepada publik,”ujar Iwan Wahyudi.

Selain itu, lanjutnya, dengan semakin meningkatnya tantangan Kota Balikpapan dalam menyambut pemindahan IKN Nusantara serta bertambahnya jumlah penduduk di Kota Balikpapan.

“Pemkot Balikpapan juga harus mulai memikirkan tentang pemekaran kelurahan-kelurahan di beberapa kecamatan dan jumlah RT di beberapa kelurahan yang jumlahnya sudah terlalu besar sehingga tidak mampu untuk terlayani dengan baik dan optimal,” katanya.

Menurut Wakil Rakyat Dapil Balikpapan Utara ini, Perangkat Daerah yang baik dapat menjadi instrumen yang kuat untuk meningkatkan efektivitas kinerja Pemerintah Daerah dengan mengatur, mengarahkan dan mengawal sumber daya manusia di Pemerintahan Daerah dengan lebih efisien serta efektif. “Kemudian proses evaluasi dan penyesuaian Perangkat Daerah dalam Pemerintahan penting dilakukan guna memastikan bahwa struktur organisasi selalu relevan dengan perubahan kebijakan, kebutuhan masyarakat dan lingkungan yang senantiasa berubah,” pungkasnya.(sb-02)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *