Provinsi Kaltim

Gubernur Isran Teken MoU Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pengembangan SDM dengan UMY

101
×

Gubernur Isran Teken MoU Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pengembangan SDM dengan UMY

Share this article
Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor bersama Rektor UNY Profesor Sumaryanto menunjukan berita acara MoU

YOGYAKARTA,suarabalikpapan.com–Bertempat di Ruang Sidang Utama Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor bersama Rektor UNY Profesor Sumaryanto menandatangani Nota Kesepakatan (MoU) Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), pada Senin (22/5/2022).

Penandatangan MoU juga dilakukan UNY dengan Pemerintah Provinsi Riau dan Papua Selatan, Lembaga Penyiaran Publik RRI serta Lembaga Penyelidik Pelatihan Polri. Atas nama Pemprov Kaltim, Gubernur Isran Noor menyambut baik dan mengapresiasi kerjasama ini guna meningkatkan SDM masyarakat Kaltim. Menurut Gubernur, kerjasama antara universitas dan pemerintah daerah merupakan langkah penting memajukan dunia pendidikan dan mengembangkan potensi SDM di Indonesia.
“Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat merupakan pondasi utama dalam membangun masa depan lebih baik bagi negara kita,” katanya mengenakan baju khas Jawa Surjan Lurik Blangkon.
Terlebih di era globalisasi ini, pendidikan memiliki peran krusial. Diakuinya, UNY sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia telah menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pendidikan berkualitas dan inovasi dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Hal ini tegasnya, sesuai komitmen Pemprov Kaltim yang memiliki perhatian besar terhadap pengembangan SDM dan memprioritaskan pendidikan sebagai salah satu sektor strategis dalam pembangunan daerah.
“Kaltim sendiri dalam peningkatan pendidikan telah mengalokasikan 20 persen anggaran dari APBD,”akunya.
Orang nomor satu Benua Etam ini juga menjelaskan Benua Etam mempunyai Program Beasiswa Kaltim Tuntas (BKT) bahkan terbesar di Indonesia kurang lebih Rp1,1 triliiun telah digelontorkan dalam memberikan beasiswa kepada masyarakat Kaltim sejak 2019-2023, baik beasiswa dalam negeri maupun luar negeri. 
“Sampai tahun 2022 penerima beasiswa sebanyak 39.944 orang, dan di tahun 2023 baru saja memulai untuk melaksanakan pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas selanjutnya,” ujarnya.
Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia ini pun mengungkapkan tahun 2022 mahasiswa asal Kaltim  di Yogyakarta yang menerima Beasiswa Kaltim Tuntas sekitar 600 orang tersebar di sejumlah perguruan tinggi. Seperti UNY, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan perguruan tinggi lainnya.
“Selamat atas penandatanganan nota kesepahaman ini, semoga kerjasama yang terjalin membawa manfaat berkelanjutan dan berdampak positif bagi semua pihak yang terlibat,” harapnya.
Sebelumnya, Rektor UNY Profesor Dr Sumaryanto mengemukakan melalui nota kepakatan ini, UNY dan Pemprov Kaltim berkomitmen untuk saling mendukung dan bekerja sama dalam berbagai bidang.  “Kerjasama ini akan mencakup peningkatan kualitas pendidikan, penelitian kolaboratif, pertukaran mahasiswa dan dosen, pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri, serta berbagai program pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan daya saing daerah,” urainya.
Dia pun mengajak bersama-sama berkomitmen untuk menjaga dan memperkuat kerjasama agar berjalan sukses dan memberikan dampak positif bagi pendidikan dan pengembangan SDM di Kaltim. Penandatanganan MoU Gubernur Isran Noor dan Rektor UNY Profesor Sumaryanto disaksikan Ketua Majelis Wali Amanat UNY Profesor Suryanto dan Ketua Senat Akademik Universitas Profesor Dr Zamzani, dilanjutkan pertukaran cinderamata.
Tampak hadir Kepala Lembaga Diklat Polri Komjen Pol Purwadi Arianto, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov Riau M Job Kurniawan.(sb-02/adv/kominfo-kalt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *