Provinsi Kaltim

Gubernur : Kerjakan Tugas Secara Cepat. Ada Masalah, Carikan Solusinya

42
×

Gubernur : Kerjakan Tugas Secara Cepat. Ada Masalah, Carikan Solusinya

Share this article
Gubernur Kaltim Isran Noor

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Gubernur Kalimantan Timur Dr H Isran Noor meminta jajaran kepala perangkat daerah agar terus melakukan percepatan pelaksanaan program dan kegiatan. Hal ini disampaikan Gubernur saat memberikan arahan pada Rapat Pimpinan (Rapim) dalam rangka Evaluasi Realisasi Fisik dan Keuangan, Pengadaan Barang dan Jasa, Kegiatan Perhatian Khusus dan Pemberian Kesempatan Penyelesaian Pekerjaan, yang digelar di Ruang Ruhui Rahayu, Kantor Gubernur Kaltim, dikutip suarabalikpapan.com lewat berita adpimprovkaltim, baru-baru ini.

“Jika sudah melihat atau merasa kegiatannya tidak bisa dilakukan, segera dilakukan pergeseran atau perubahan anggaran. Ketentuannya dalam melakukan perubahan anggaran itu harus ada laporan perkembangan kegiatan dari semester 1, atau setelah bulan Juni. Pusat saja bisa melakukan pergeseran, dalam satu tahun bisa dua sampai tiga kali,” kata Isran Noor saat memimpin rapat didampingi Sekretaris Daerah Sri Wahyuni, Asisten Pemerintahan dan Kesra M Syirajudin dan Asisten Administrasi Umum Riza Indra Riadi.
Selain itu, Gubernur Isran juga meminta agar pimpinan perangkat daerah bisa melihat kemampuan dan kapasitas dari stafnya dalam melaksanakan pekerjaan. Artinya, setiap pimpinan perangkat daerah mampu mengontrol seluruh program dan kegiatan yang dilaksanakan organisasinya.
“Pimpinan jangan tergantung dengan staf menunggu pintar dulu, tetapi pimpinannya yang harus pintar lebih dulu. Sehingga kita bisa mengontrol seluruh program kegiatan yang dilaksanakan, kenapa ada keterlambatan atau masalah yang ada. Ketika anak buah belum memiliki kapasitas, maka bisa di upgrade kapasitasnya oleh kepala dinas/badannya,” pinta Gubernur Isran.
“Tapi kita juga jangan merasa gengsi dan rendah diri dalam berkoordinasi kepada bawahan, ketika ada permasalahan,” tambahnya.
Demikian halnya terkait masalah keterlambatan dalam proses tender, Gubernur Isran mengatakan untuk bisa dilakukan percepatan. Jika terjadi kendala maka lakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. “Sekali lagi kita kerjakan tugas-tugas ini secara cepat. Jika ada masalah ditemukan segera dicarikan solusinya, jika tidak mampu menyelesaikan secara internal berkoordinasi dengan instansi terkait. Serapan anggaran lebih dari 80 persen kita harus bisa capai,” pungkasnya.
Sekda Sri Wahyuni mengungkapkan ada tiga direktif Gubernur yang disampaikan pada rapim kali ini, pertama, yaitu para asisten maupun kepala perangkat daerah agar meningkatkan pengendalian internal di wilayah kerja masing-masing, segera kenali yang menjadi persoalan kemudian dikawal untuk solusi permasalahannya. Kedua, perangkat daerah agar dapat melakukan koordinasi secara aktif dan massif untuk percepatan penyerapan anggaran. “Ketiga, kegiatan yang diproyeksikan tidak dapat dilakukan agar segera dilakukan pergeseran,” ujarnya. Rapim dihadiri seluruh kepala dan pelaksana tugas maupun pelaksana harian perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim, Staf Ahli Gubernur, Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Ahli Utama dan Ketua TGUP3 Kaltim Adi Buhari Muslim. (sb-02/adv/kominfo-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *