by

H Danang Minta Pengguna Mobil Mewah Tidak Gunakan Biosolar Subsidi

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com- Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Balikpapan, H Danang Eko Susanto meminta kepada pengguna  mobil mewah agar tidak menggunakan Biosolar (B30) Subsidi sebab akan memicuh kelangkaan bahan bakar tersebut. Ia berharap pengguna mobil mewah menggunakan BBM jenis Dexlite sebab Biosolar Subsidi untuk masyarakat menengah ke bawah.

“Saya dapat informasi dari masyarakat bahwa biosolar subsidi mulai langka di Balikpapan. Untuk itu saya menyarankan agar mobil-mobil mewah menggunakan dexlite,” kata H Danang, kepada media ini, Jumat (11/2/2022).

Selaku wakil rakyat, kata Danang, dirinya khawatir aktvitas perekonomian masyarakat akan terganggu apabila terjadi kelangkaan Biosolar (B30) Subsidi bagi konsumen yang berhak menggunakan BBM tersebut sesuai Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014. Seperti usaha mikro, usaha pertanian, usaha perikanan, jasa transportasi dan pelayanan umum.

“Saya berharap hal ini  segera disikapi oleh Pertamina sehingga tidak mengganggu aktivitas perekonomian di Balikpapan selaku penyangga Ibu Kota Negara (IKN),” ujar anggota Komisi III DPRD Balikpapan ini.

Dirinya  khawatir apabila terjadi kelangkaan biosolar subsidi akan memicuh kenaikan harga bahan pokok (sembako) sebab jasa transportasi kesulitan mengangkut bahan pokok untuk didistribusikan kepada masyarakat Balikpapan.

“Pada peringatan HUT ke-125 Kota Balikpapan, Saya kira menjadi teguran keras bagi Pertamina apabila Balikpapan sebagai kota minyak terjadi kelangkaan biosolar bersubsidi,” terang anggota DPRD Dapil Balikpapan Selatan ini.

Danang menambahkan jangan sampai Pertamina menghambat progam kerja Presiden Joko Widodo dalam memulihkan perekonomian di tengah-tengah pandemi Covid-18 sebab kelangkaan biosolar bersubsidi akan berdampak sangat besar terhadap aktivitas perekonomian kota Balikpapan sebagai kota jasa, industri, perdagangan dan pariwisata. “Jangan sampai kelangkaan buisolar ini  akan mempengaruhi kelancaran perekonomian di Kota Balikpapan,” pintanya.(sb-01)

Konsumen yang Berhak Menggunakan Biosolar (B30) Subsidi Berdasarkan Peraturan Presiden No 191 Tahun 2014 :

  • Usaha mikro (mesin perkakas untuk usaha mikro)
  • Usaha perikanan (kapal ikan Indonesia maksimum 30 GT  terdaftar di Kementerian Kelautan dan Perikanan, budidaya ikan skala kecil )
  • Usaha Pertanian (alat mesin pertanian dan perkebunan maksimal 2 hektar, peternakan yang menggunakan mesin pertanian)
  • Jasa Transportasi (kendaraan bermotor perseorangan untuk angkutan orang / barang plat dasar hitam, Kendaraan bermotor umum plat dasar kuning kecuali mobil pengangkut hasil perkebunan dan pertambangan dengan roda lebih dari enam, semua kendaraan layanan umum  ambulans, mobil jenazah, pemadam kebakaran dan pengangkut sampah, transportasi air dengan motor tempel, kapal angkutan umum berbendera Indonesia baik di sungai, danau, laut dan penyebrangan, kapal pelayaran rakyat / perintis, kereta api umum penumpang dan barang)
  • Pelayanan Umum (pembakaran dan penerangan di krematorium dan tempat ibadah, penerangan panti asuhan dan panti jompo, penerangan rumah sakit tipe C, tipe D dan puskesmas)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita terkini