by

Harga Bahan Pokok di Paser Melonjak, Cabai Rawit Mencapai Rp120 Ribu Perkg

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) sejumlah harga bahan pokok (sembako) di pasar tradisional  Kabupaten Paser mengalami kenaikan. Mulai bawang merah hingga cabai rawit.

Kepala Dinas Perindustrian,Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Paser, Hairul Saleh mengatakan, belakangan ini ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan. Diantaranya bawang merah sebelumnya Rp 25 ribu perkg menjadi Rp 27 ribu perkg, bawang putih  sebelumnya Rp 25 ribu perkg menjadi Rp 28 ribu perkg serta cabai rawit menjadi Rp 92 ribu perkg menjadi Rp 120 Ribu perkg.

Hairul Saleh mengatakan, penyebab kenaikan harga bahan pokok ini karena beberapa petani di Paser gagal panen akibat tingginya curah hujan selama 3 bulan terakhir. “Banyak petani lombok yang gagal panen karena tingginya curah hujan hal tersebut juga dialami petani bawang merah dan bawang putih,” kata Hairul Saleh, kepada media ini, Senin (27/12/2021).

Bawang merah dan bawang putih kata Hairul Saleh, didatangkan dari luar daerah  yang turut gagal panen serta tingginya ombak laut pada saat pengiriman. “Hal tersebutlah faktor utama adanya kenaikan, namun tidak terlalu drastis naiknya,” ucapnya.

Hairul saleh mengatakan pihaknya dan OPD terkait dalam waktu dekat ini akan melakukan sidak ke beberapa pasar tradisional di Paser. “Dalam waktu dekat ini kami akan turun ke Pasar Penyembolum Senaken untuk melihat memantau harga-harga bahan pokok. Kami masih menunggu waktu yang pasti untuk melakukan sidak,” pungkasnya.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita terkini