by

Hasil RDP Komisi I, Warga Tiga RT Desa Putang Bisa Gunakan Kembali Lahan PT3S

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Komisi I DPRD Kabupaten Paser menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Humas PT Sahabat Sawit Sejahtera (3S) dan OPD terkait, di Gedung Parlemen Paser, Senin (11/1/2021).

RDP membahas lahan masyarakat di RT 01, 02, 03 Desa Putang, Kecamatan Long Kali, yang digunakan PT3S.

Ketua Komisi I DPRD Paser, Hendrawan Putra yang memimpin RDP mengatakan, dalam RDP disepakati tuntutan warga  tiga RT Desa Putang mengenai masalah lahan belum Hak Guna Usaha (HGU) di sistem administrasi informasi persil tanah sehingga warga bisa menggunakan kembali lahan yang digunakan PT3S tersebut.

“Alhamdulillah sudah ada titik temu. Bahwa dari pihak manajemen PT 3S siap menandatangani rekomendasi untuk pelepasan hak tanah warga yang diusulkan oleh tiga RT Desa Putang,” kata Hendrawan Putra.

Selanjutnya  PT 3S akan mengeluarkan rekomendasi seperti yang diminta Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Paser dan instansi terkait lainnya yakni akan mengeluarkan rekomendasi bahwa benar tidak adanya ganti rugi selama PT 3S melakukan aktivitas pada lahan tiga RT di Desa Putang.

Menurut Hendra, selama enam bulan manajemen PT 3S sulit dihubungi karena tidak diketahui pasti kantornya di Long Kali.

“Menurut informasi PT3S ini sudah bangkrut tetapi belum ada keputusan pengadilan bahwa PT3S ini dinyatakan pailit,” kata  Hendrawan Putra. “Tapi intinya masalah ini sudah selesai. Mereka (Humas PT3S) menunggu notulen dari DPRD. Mereka meminta waktu dua minggu untuk melakukan kroscek lokasi,” aku Hendra.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini