DPRD Paser

Hendra Wahyudi : 2024, Lima Prioritas Pembangunan RKPD di Paser

31
×

Hendra Wahyudi : 2024, Lima Prioritas Pembangunan RKPD di Paser

Share this article
Ketua DPRD Kabupaten Paser Hendra Wahyudi

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Dalam Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten di Kecamatan Tahun 2024 yang digelar di Pendopo Loa Bapekat, Kamis (16/2) kemarin, Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi ST menegaskan, terdapat lima prioritas pembangunan RKPD pada tahun 2024 di Paser dalam pemerataan pembangunan untuk menciptakan kesejahteraan yang merata di seluruh daerah yang ada di Paser.

“Saya harapkan agar dalam kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Paser 2024 di seluruh kesepakatan yang dihasilkan dapat selaras dengan Tema dan prioritas pembangunan di tahun 2024 dan Musrenbang RKPD ini dapat lebih menajamkan lagi prioritas pembangunan yang ada di Paser, kata Hendra Wahyudi saat ditemui, Jumat (17/2/2023)
Hendra Wahyudi menilai meskipun pertumbuhan Ekonomi di Paser pada tahun 2021 mengalami pertumbuhan yang signifikan, dan merupakan pertumbuhan ekonomi tertinggi di wilayah Kaltim, namun jika dilihat data tingkat kemiskinan di Paser justru mengalami peningkatan pada tahun 2020 dan tahun 2021.
“Dengan adanya Peningkatan ini mengindikasikan bahwa pembangunan masih belum merata, serta belum mampu untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.
Diharapkan pemerataan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Paser kata Hendra Wahyudi, dalam rangka menunjang konektivitas antar wilayah harus terus diprioritaskan, pasalnya ketika keadaan infrastruktur pada suatu daerah lemah, tentunya perekonomian di daerah itu berjalan secara tidak efisien, sebagian penduduk akan kesulitan untuk berkunjung ke fasilitas Kesehatan, serta susahnya anak-anak pergi ke sekolah. Dengan adanya pemerataan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah yang ada di Paser tentunya akan membantu pemerataan pertumbuhan ekonomi. Dengan kemampuan ekonomi yang lebih baik, maka sebuah wilayah akan dapat menghidupi dirinya sendiri.  
“Tentunya seluruh masyarakat akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk terlibat dalam proses ekonomi, berkembangnya industri kreatif, serta terbukanya lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat,” jelasnya.
Dijelaskan, berdasarkan data PDRB Kabupaten Paser pada tahun 2020 dan tahun 2021, sektor pertanian mengalami pertumbuhan negatif, hal ini perlu menjadi perhatian bagi perangkat daerah terkait, baik itu sub sektor tanaman pangan dan holtikultura, perkebunan, perikanan, dan peternakan, untuk melakukan evaluasi terkait permasalahan ini.
“OPD terkait harus segera  mengambil langkah-langkah strategis dalam pengembangan sektor pertanian ini,” tegasnya.
Menurutnya pemerataan pembangunan Infrastruktur Digital juga  harus terus di tingkatkan, pasalnya hal ini sebagai landasan proses transformasi digital di setiap aspek kehidupan. Pada  pandemi Covid-19 yang melanda sebelumya cukup memberikan pengaruh signifikan atas keberlangsungan bisnis pelaku usaha, serta berdampak pada interaksi sosial, dan kegiatan Pendidikan.
“Kondisi pandemi Covid-19 yang lalu menunjukan bahwa ketersediaan infrastruktur digital menjadi begitu krusial,” bebernya.
Hendra Wahyudi berharap pemulihan dan pengelolaan lingkungan dalam rangka mendukung pembangunan yang berkelanjutan, harus terus di upayakan dengan terus meningkatkan pemantauan kualitas air untuk memastikan akses air bersih, sanitasi dan kebersihan yang lebih baik, serta terus memitigasi dampak pandemi Covid-19. Sedangkan terkait reformasi birokrasi dan tata Kelola pemerintahan, diharapkan Pemkab Paser mengacu pada tiga prioritas utama reformasi birokrasi yang dikeluarkan oleh Kementerian PAN-RB, yakni reformasi birokrasi untuk penanganan kemiskinan. “Reformasi birokrasi bertujuan untuk mendorong tumbuhnya investasi, dan reformasi administrasi pemerintah yang harus mulai beradaptasi dengan iklim digital,” ujarnya.
Hendra Wahyudi  menambahkan, dalam rangka optimalisasi penyusunan rancangan akhir RKPD Kabupaten Paser Tahun 2024, DPRD Paser akan melakukan sinkronisasi terhadap program dan kegiatan yang disepakati dalam Musrenbang tingkat Kecamatan ini, dengan hasil perumusan dan penelahaan pokok-pokok pikiran DPRD Paser.
Ia juga mengucapkan atas nama pimpinan dan anggota DPRD Paser menyampaikan ucapan selamat kepada Kepala Desa yang telah dilantik pada beberapa waktu yang lalu. Diharapkan agar dalam menyusun RPJMDes selalu berorientasi pada upaya peningkatan layanan publik melalui kemudahan layanan, serta selalu berorientasi pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui program pemberdayaan.
“Dengan adanya upaya tersebut nantinya mampu berkontribusi terhadap penurunan angka kemiskinan di setiap Desa,” tambahnya.(sb-06)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *