by

Kajan Lahang Perjuangkan Bantuan Alat Pertanian Bagi Warga Dapil Kutim III

SANGATTA,suarabalikpapan.com-Anggota DPRD Kutai Timur  Kajan Lahang, fokus memperjuangkan aspirasi masyarakat di bidang pertanian. Pasalnya, mayoritas masyarakat Dapil Kutim III adalah petani yang masih membutuhkan bantuan alat pertanian.

Dapil Kutim III meliputi Kecamatan Muara Ancalong, Muara Bengkal, Busang, Batu Ampar, Muara Wahau, Telen, dan Kongbeng. Legislator Partai NasDem ini menyerap aspirasi para petani di dapil tersebut. “Fokus kita pertanian karena orang-orang kita rata-rata petani,” ucap Kajan usai mengikuti Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Reses di DPRD Kutim, Jumat (5/3/2021).

Mengenai bendungan, Kajan menjelaskan bahwa sarana irigasi tersebut tidak masuk dalam 5 usulan program prioritas masyarakat dalam Musrenbang tahun 2020 lalu, melainkan merupakan program pemerintah pusat. Dia lebih menekankan usulan yang berkaitan dengan alat-alat pertanian.

Saat ditanya soal pupuk, Kajan mengatakan, pupuk menjadi keluhan. Kebutuhan pertanian tersebut menjadi salah usulan masyarakat. Namun terkait mekanisme anggaran dan distribusi, dia mengaku masih butuh mempelajari terlebih dahulu, dari mana dan berkoordinasi kemana saja untuk mengakomodir usulan tersebut.

Sedangkan untuk air bersih, Kajang mengungkapkan bahwa juga menjadi usulan masyarakat. Tertuma masyarakat di SP dan di daerah trans yang daerahnya memang jauh dari sungai.

Terkait sarana penerangan, Kajan mengungkapkan, sebagian besar masyarakat sudah terakomudir oleh PLN. Dia mencontohkan daerah Wahau yang sudah menikmati lampu penerangan 24 jam. “Kalau di Busang, ada yang PLN 12 jam dan ada juga yang belum ada PLN,” tutupnya. (adv/sb-04).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini