Kota Balikpapan

Kepala Diskominfo Balikpapan Ikut Audiensi Pelaksanaan Pembinaan Lembaga dalam Pengutamaan Bahasa Negara

38
×

Kepala Diskominfo Balikpapan Ikut Audiensi Pelaksanaan Pembinaan Lembaga dalam Pengutamaan Bahasa Negara

Share this article
Kepala Diskominfo Balikpapan Adamin Siregar saat menghadiri Audiensi Pelaksanaan Pembinaan Lembaga dalam Pengutamaan Bahasa Negara Tahun 2022-2024, di Hotel Swisbelin Balikpapan Senin (6/3/2023)

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Balikpapan, Adamin Siregar menghadiri kegiatan Audiensi Pelaksanaan Pembinaan Lembaga dalam Pengutamaan Bahasa Negara Tahun 2022-2024, di Hotel Swisbelin Balikpapan Senin (6/3/2023) . Kegiatan yang digelar Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur dibuka  Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN, Alimuddin didampingi Kepala Ombudsman Kalimantan Timur, Kusharyanto selaku narasumber.

Kepala Kantor Bahasa Kota Kalimantan Timur, Halimi Hadibrata mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk melanjutkan kegiatan pendampingan lembaga, dalam penggunaan bahasa di ruang publik dan dokumen. “Kegiatan ini sebenarnya sudah dimulai dari 2022. Kami rencanakan sampai 2024,” ungkapnya. Audiensi dilaksanakan untuk menyampaikan hasil-hasil pemantauan dan evaluasi 2022 lalu.
“Kami harap tahun ini sudah ada perubahan terkait penggunaan bahasa yang masih salah di lembaga,” ujarnya. Yaitu kesalahan di ruang publik maupun dokumen atau tata naskah dinas.
“Sudah ada peningkatan. Harapan kami di 2023 ini ada peningkatan. Seperti dalam catatan sudah 75,96 persen pada 2023. Sampai nanti targetnya bisa mencapai 91,99 persen pada 2024,” tuturnya.
Peserta kegiatan ini adalah 12 instansi seperti sekolah-sekolah dan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan. Instansi-instansi inilah yang akan menjadi lembaga mitra dan bisa sebagai percontohan dalam pengutamaan bahasa negara.
“Sehingga mereka bisa mempromosikan kepada lembaga yang lain,” katanya.
Sementara, Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN, Alimuddin, Usai membuka kegiatan menyampaikan, hakikatnya penggunaan Bahasa Indonesia yang telah dilakukan bertahun-tahun tentu mengalami pergeseran peradaban. Menurutnya penggunaan Bahasa Indonesia harus lebih massif lagi. Namun tetap, yang dapat mengarahkan penggunaan bahasa ini mulai dari lembaga pemerintahan sekolah dam lainnya.
“Tetapi ini juga tidak bisa berjalan kalau tidak dibantu dengan komunitas yang ada di luar. Itu akan mendorong dalam penggunaan bahasa Indonesia sehari-hari,” ungkapnya.(sb-02/adv/kominfo-bppn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *