Kota Balikpapan

Pemkot Gelar Gerbang Pariwisata Libatkan 90 Pelaku UMKM

44
×

Pemkot Gelar Gerbang Pariwisata Libatkan 90 Pelaku UMKM

Share this article
Kepala Disporapar Balikpapan dr Cokorda Ratih Kusuma berfoto bersama di sela-sela kegiatan Gerbang Pariwisata di Atrium e-Walk Mall BSB Kota Balikpapan, Sabtu (4/3/2023).

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Memeriahkan HUT ke-126 Kota Balikpapan, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan bersama Bank Indonesia  (BI) Balikpapan menggelar Gerbang Pariwisata di Atrium e-Walk Mall BSB Kota Balikpapan,  Sabtu (4/3/2023). Kegiatan Gerbang Pariwisata ini, mengusung kuliner primadona Kota Balikpapan yakni kepiting, dengan bertajuk Festival Kepiting Nusantara yang disuguhkan dari beberapa restoran Balikpapan.

Acara berlangsung  6 sampai 27 Maret 2023, yang  dimeriahkan 90 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Turut hadir dalam acara pembukaan Gerbang Pariwisata ini diantaranya Kepala Disporapar Kota Balikpapan, dr  Cokorda Ratih Kusuma, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Balikpapan Bambang Setyo Pambudi, Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Otorita Ibu Kota Nusantara Thomas Umbu Pati, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)  Rizki Handayani Mustafa serta undangan lainya.
Kepala Disporapar Balikpapan dr Cokorda Ratih Kusuma menyampaikan acara ini bisa menjadi instrumen strategis dalam mendorong perkembangan sektor pariwisata, yang menunjang perekonomian daerah. “Sebagaimana yang menjadi harapan bersama, dengan semakin terkendalinya situasi pandemi. Sehingga bisa memberikan dampak dengan memulihkan berbagai sektor ekonomi, termasuk pariwisata,” ujarnya. Adanya peningkatan kunjungan wisatawan di Balikpapan Pasca Pandemi Covid-19, ia optimis bahwa kinerja pariwisata Kota Balikpapan akan semakin membaik. Dengan disertai upaya secara konsisten, untuk membangun sarana dan prasarana. Sementara itu Kepala Perwakilan BI Balikpapan Bambang Setyo Pambudi mengatakan, momen tahun 2023 menjadi krusial bagi Kaltim, khususnya dalam pembangunan IKN.
“Banyaknya jumlah pendatang ke Balikpapan yang menjadi potensi sebagai gerbang IKN, diharapkan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat Kaltim,”ujar Bambang.
Melalui Gerbang Pariwisata ini, BI Balikpapan juga turut dalam rangkaian HUT ke-126 Kota Balikpapan, juga menampilkan masakan kepiting sebagai ikon pariwisata. “Sehingga melalui Gerbang Pariwisata ini juga digelar lomba olahan kepiting yang diikuti 90 pelaku UMKM diharapkan mampu mendukung sektor produk olahan Kepiting di Balikpapan, PPU dan Paser, untuk dipasarkan kepada tamu yang berkunjung ke Balikpapan,”kata Bambang.(sb-02/adv/kominfo-bppn)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *