Provinsi Kaltim

Kepala DPK Kaltim Sayangkan Arsip Daerah Tak Dikelola dengan Baik 

40
×

Kepala DPK Kaltim Sayangkan Arsip Daerah Tak Dikelola dengan Baik 

Share this article
Kepala DPK Kaltim HM Syafranuddin

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltim, HM Syafranuddin menyayangkan arsip sejarah di Tanah Borneo yang tidak dikelola secara baik dan benar.Menurutnya, sejarah akan mempengaruhi literasi dan pemahaman bagi generasi mendatang, khususnya pada anak cucu.

“Banyak sejarah yang tidak kita arsipkan dengan benar. Buktinya saja generasi sekarang kalau ditanya soal itu mereka tidak mengetahuinya,” katanya.  Seperti Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto generasi muda mengetahui itu adalah sebuah sebuah Bandara Udara yang terletak di Samarinda. Padahal APT Pranoto adalah Gubernur Kaltim pertama periode 1957-1961.
“Hingga sekarang saja banyak yang belum tau kan itu siapa? Begitu juga dengan Muhammad Ardans yang merupakan mantan Gubernur Kaltim, banyak generasi muda belum mengetahui itu,” ucapnya.
Kata dia, generasi sekarang saja masih banyak yang tidak mengetahui sejarah Kaltim. Apalagi 10 hingga 20 tahun kedepan. “Sejarah kalau tidak divisualkan dari sekarang bisa-bisa semuanya hilang ditelan waktu,”akunya. Tugas DPK Kaltim, kata dia, bukan sesuatu yang gampang, bertanggungjawab besar terhadap suatu aset dan literatur anak bangsa di perpustakaan ataupun kearsipan.
“Masih banyak yang belum di ekspos sehingga masyarakat tidak mengetahuinya. Di sini tugas DPK menginformasikan hal tersebut. Tidak gampang berada di sini,” tutupnya.(sb-02/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *