by

Komis C Minta Utang Ratusan Miliar Pemkab Kutim Segera Dilunasi

SANGATTA,suarabalikpapan.com-Pemerintah Kutai Timur memiliki tunggakan utang kepada sejumlah kontraktor proyek pada tahun 2020. Ketua Komisi C DPRD Kutim Ramadhani mengungkapkan utang Pemkab Kutim berdasarkan data yang didapatkan pihaknya melalui APBD 2020 mencapai Rp 500 miliar.

“Nominal utang macam-macam, kemarin ada kita catat beberapa. Kalau untuk 2020 sisa utang di Dinas PU itu Rp 60 miliar, kurang lebih. Terus tanah kurang lebih Rp 99 miliar, multiyears kurang lebih Rp 273 miliar. Keseluruhan kurang lebih Rp 500 miliar,” kata Ramadhani, belum lama ini.

Dalam menyelesaikan tunggakan tersebut, Politisi PPP ini mengaku telah mengadakan rapat bersama dengan dinas terkait diantaranya Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pekerjaan Umum (PU), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perhubungan (Dishub), dan Dinas Pertanahan.

“Kita koordinasi kerja yang dibawahi Komisi C membahas terkait masalah-masalah yang terjadi di 2020 hingga penyelesaiannya di 2021. Utang, terutama kami di Komisi C utang multiyears, Insyaalah bagaimana utang multiyears di 2021 akan dibayarkan sesuai dengan progress pekerjaan yang telah selesai,” jelas Ramadhani.

Untuk melanjutkannya, kata Ramadhani, mungkin diselesaikan oleh kepala daerah terpilih. Ia juga menyinggung terkait dengan Tol Laut, yakni pembangunan Pelabuhan Laut Kenyamukan Sangatta yang erat kaitannya pembebasan lahan dengan tunggakan pemerintah daerah. Dalam hal tersebut, Ramadhani mengatakan, mendukung program Dishub Kutim dalam mewujudkan tersebut menjadi salah satu rute tol laut Nasional.(adv/sb-04).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini