by

Komisi III Gelar RDP, Bahas Dugaan Perusahaan Sawit Buang Limbah ke Sungai Telake

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Komisi III DPRD Paser menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser dan PT Muara Toyu Subur Lestari (PT MTSL), di Gedung Parlemen DPRD Paser, Rabu (29/9/2021). RDP membahas dugaan pembuangan limbah cair kelapa sawit oleh PT MTSL ke Sungai Telake, Kecamatan Long kali.

Hadir dalam RDP Wakil Ketua Komisi III Basri Mansur di dampingi Ahmad Rafi, Fathur Rahman, Budi Santoso, Plt Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Paser Ina Rosana, pihak DLH, perwakilan  PT MTSL serta Aliansi Masyarakat Peduli Lingkungan.

Wakil Ketua Komisi III Basri Mansur mengatakan, pihaknya akan meninjau kembali dokumen pengelolaan limbah PT MTSL apakah sesuai aturan yang telah ditetapkan DLH. Untuk itu, Basri berharap pihak DLH melakukan peninjauan lokasi pengelolaan limbah PT MTSL untuk memastikan tidak mencemari Sungai Telake.

“Kami telah meminta kepada DLH agar mengawasi perusahaan yang membuang limbah dan bagi masyarakat yang mengetahui ada perusahaan yang membuang limbah sembarangan silakan laporkan ke DPRD Paser. Meskipun izin diterbitkan Pemprov Kaltim, namun kami bisa merekomendasikan untuk mencabut izinnya apabila terbukti merusak lingkungan,” ujar Basri.

Sementara itu, Manager Teknis PT MTSL, Dian Juli Adiyanto membantah perusahaanya membuang limbah ke Sungai Telake. “Limbahnya ditampung terlebih dahulu sehingga tidak lari kemana-mana. Kecuali airnya meluap akibat hujan deras baru kami buka. Itupun ada saluran sendiri sehingga tidak mengalir ke Sungai Telake. Jadi tidak benar kolam pengelolaan limbah perusahan kami mengalami kebocoran lalu mencemari Sungai Telake,” pungkasnya.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini