by

Mudik Lebaran Tahun Ini Tak Ada Penyekatan, Tempat Wisata Wajib Lengkapi Aplikasi Peduli Lindungi

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com–Pemerintah Kota Balikpapan memastikan tidak akan ada penyekatan saat mudik Lebaran pada tahun ini. Masyarakat telah diizinkan untuk mudik, dengan syarat telah melakukan vaksinasi dosis ketiga booster atau surat negatif Covid-19 bagi yang baru menerima vaksin pertama dan kedua. Tahun ini menjadi mudik Lebaran pertama di Indonesia, setelah dua tahun dilarang akibat pandemi Covid-19.

Saat ini, status tingkat kewaspadaan Kota Balikpapan telah turun ke PPKM level 1 seiring dengan penurunan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Balikpapan yang tercatat berada di bawah 10 pasien per hari. “Kita masih membahas dahulu dengan melibatkan sejumlah instansi terkait di antaranya Satlantas, termasuk menyesuaikan dengan kondisi perkembangan penyebaran Covid-19, dan harapan perkembangan Covid-19 di Balikpapan semakin membaik,” ujar Kepala Bidang Pengamanan dan Penegakkan Satgas Covid-19 Kota Balikpapan Zulkifli kepada awak media, pada Senin (25/4/2022).

Zulkifli menuturkan, pihaknya tidak mendirikan posko khusus melainkan bergabung dengan posko terpadu Operasi Ketupat 2022 untuk menyiapkan pos vaksinasi bersama. “Kemungkinan posko penyekatan tidak ada untuk Idulfitri tahun ini sebab kami tidak mendirikan pos tersendiri, tapi gabung dengan pos-pos yang disiapkan pada Operasi Ketupat 2022,” ujar Kepala Satpol PP Kota Balikpapan ini.

Zulkifli juga mengingatkan pengelola tempat wisata agar menyiapkan aplikasi peduli lindungi jelang libur Idulfitri. Sebab pengawasan penggunaan peduli lindungi akan diterapkan secara maksimal karena tempat wisata yang tidak menggunakan aplikasi peduli lindungi terpaksa ditutup. “Kami akan buat surat edaran dan mengingatkan lagi pengelola tempat wisata agar wajib pakai peduli lindungi,” pungkasnya.(sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita terkini