DPRD Balikpapan

Najib Soroti Penggunaan Air Tanah Harus Izin Ke Kementerian ESDM  

30
×

Najib Soroti Penggunaan Air Tanah Harus Izin Ke Kementerian ESDM  

Share this article
Anggota Komisi I DPRD Kota Balikpapan Muhammad Najib

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Anggota Komisi I DPRD Kota Balikpapan Muhammad Najib menyoroti regulasi baru penggunaan air tanah yang dituangkan dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 291.K/GL.01/MEM.G/2023 tentang Standar Penyelenggaraan Persetujuan Penggunaan Air Tanah. Menurut Najib, selama ini izin membuat sumur dalam dikelola oleh Pemerintah Provinsi Kaltim.

“Hal ini, apabila diambil oleh pemerintah pusat melalui Kementerian ESDM RI. Sudah barang tentu, pemerintah Provinsi Kaltim tidak mempunyai kekuatan lagi untuk memberikan izin. Disisi lain, terkait Bantuan Keuangan (Bankue) Pemprov diambil dari pajak tersebut sudah tidak ada lagi untuk Kota Balikpapan,” katanya kepada awak media, di Gedung Parlemen Balikpapan, Senin (6/11/2023). Menurutnya yang menjadi permasalahan bagaimana menggunakan sumur tanah yang digunakan untuk keperluan fasum-fasos.
“Termasuk masyarakat pakai air tanah wajib izin. Bagaimana dengan sumur yang sudah lama ada. Untuk itu, kami akan memanggil Dinas Penanaman  Modal dan Perijinan Terpadu (DPMPT) Kota Balikpapan guna meminta penjelasan terkait izin penggunaan air tanah,”pungkas Anggota DPRD Dapil Balikpapan Utara ini.(sb-03).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *