by

Novel Apresiasi Pembangunan Puskesmas Sepaso

SANGATTA,suarabalikpapan.com – Anggota DPRD Kutai Timur  dr Novel Tyty Paembonan menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Kutim yang telah merealisasikan pembangunan Puskesmas Sepaso di Kecamatan Bengalon.

Legislator Gerindra ini menyebut Puskesmas tersebut sangat representatif dan menjadi satu-satunya di Bengalon yang akan memiliki kualitas akreditasi paripurna. “Jadi memang Puskesmas Kecamatan Bengalon ini adalah nanti menjadi Puskesmas pertama yang statusnya paripurna,” ujar dr Novel saat meninjau Puskesmas Sepaso Bengalon bersama Pemkab Kutim, Selasa (09/03/2021).

Dengan kualitas paripurna yang akan disandangnya, maka Puskesmas Sepaso Bengalon dapat memberikan pelayanan yang hampir sama dengan servis kesehatan di rumah sakit. Di Kutim sendiri, termasuk Kecamatan Bengalon, disebutkan baru ada 5 Kecamatan yang memiliki Puskesmas dengan status tersebut. Diantaranya Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Karangan, Muara Wahau.

dr Novel mengatakan, berbagai pelayanan khusus dimiliki Pukesmas Sepaso Bengalon, salah satunya adalah pelayanan rawat inap. Pun dengan alat-alat perawatan medisnya juga akan segera dilengkapi. “Selain Puskesmas rawat jalan, juga berfungsi sebagai Puskesmas rawat inap rawat inap. Sekalipun memang saat ini seperti kita lihat masih ada beberapa hal-hal yang memang harus kita lengkapi dan bangun,” ucapnya.

Mengenai masalah pelayanan jaminan kesehatan bagi masyarakat, dr Novel menjelaskan bahwa masyarakat Kecamatan Bengalon yang memiliki BPJS baik Mandiri maupun bantuan Pemerintah dapat menggunakan fasilitas di Puskesmas tersebut.

Dia berharap, pihak terkait dapat segera melengkapi sarana dan prasarana Puskesmas Sepaso Bengalon sesuai dengan standar puskesmas paripurna. “Boleh menggunakan fasilitas, jadi ini sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama, jadi masyarakat yang memiliki BPJS di Sepaso, Sepaso Barat, Timur, Selatan dan lain lain itu boleh,” Jelas dr Novel.

Selain itu, dr Novel berharap Puskesmas Sepaso Bengalon juga dapat dilengkapi dan didukung dengan sumber daya manusia yang profesional dan berkualitas. “Ada dokter gigi, ada bidan atau perawat, ada analis dan tenaga-tenaga lain termasuk cleaning service. Kedua sarana prasarana yang lengkap di sini listrik air bersih, laboratorium harus lengkap disini dan alat-alat medis yang lain yang sudah harus disiapkan sesuai dengan standar puskesmas paripurna,” pungkasnya.(adv/sb-04).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini