by

Paser Kembali ke PPKM Level 3, Akibat Cakupan Vaksinasi Masih Rendah

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Paser yang sebelumnya berada di level 2 saat ini kembali berada di level 3.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Paser dr. I Dewa Made Sudarsana mengatakan, hal itu disebabkan karena beberapa kriteria yang ditetapkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Naik turunnya level disebabkan karena cakupan vaksinasi, kemudian zona di wilayah, dan angka kematian karena Covid-19,” kata Dewa saat ditemui media ini, di ruang kerjanya, Kamis (21/10/2021).

Dewa melanjutkan, dari ke 3 hal tersebut yang menyebabkan dampak terjadinya naik turunnya level PPKM di Kabupaten Paser, faktor utamanya pada cakupan vaksinasi, yang merupakan bagian terpenting untuk masyarakat agar terhindar dari Covid-19.

“Vaksinasi kita di Paser per tanggal 18 Oktober 2021 kemarin untuk vaksinasi tahap 1 mencapai 33,08 persen sedangkan untuk vaksinasi tahap 2 baru mancapai 19,16 persen sehingga capaian cakupan vaksinasi itu sangat rendah, minimal harus diangka 40 persen,” terangnya.

Walaupun secara jumlah kasus terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Paser terbilang rendah kata Dewa, naik turunnya level disebabkan karena vaksinasi, kemudian zona di wilayah, dan angka kematian karena Covid-19.

“Pada saat ini kasus terkonfirmasi Positif Covid-19  hanya 10 orang, yang dirawat 2 orang dan 8 orang lainnya isolasi mandiri namun tolak ukurnya berada di vaksinasi kita yang masih rendah,” kata Dewa.

Ia menambahkan, hal itu harus disadari bersama bahwa vaksinasi merupakan tolak ukur yang sangat penting, dan kendala yang dialami mengapa sampai saat ini cakupan vaksinasi masih rendah bukan karena tidak ketersediaan stok vaksin melainkan minat untuk melakukan vaksinasi tahap 2 masih tergolong rendah, hal tersebut yang menjadi salah satu kendalanya.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar segera melakukan vaksinasi tahap 2 apabila telah sesuai dengan yang di jadwalkan agar Paser segera turun lagi menjadi PPKM level 2, dan mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, kami segera meningkatkan hasil cakupan vaksinasi di Paser,” harapnya.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini