Provinsi Kaltim

Pembaca di Perpustakaan SDN 003 Balikpapan Kota Mencapai 100 Murid Perhari

36
×

Pembaca di Perpustakaan SDN 003 Balikpapan Kota Mencapai 100 Murid Perhari

Share this article
Murid-murid SDN 003 Balikpapan Kota sedang membaca di perpustakaan

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Setelah pandemi Covid-19 minat baca murid SDN 003 Balikpapan Kota  mengalami peningkatan. Hal itu terlihat dari jumlah pengunjung perpustakaan sekolah mencapai 70 hingga 100 murid per hari.

Kepala SDN 003 Balikpapan Kota Puji Sadarani mengatakan, minat baca muridnya terus mengalami peningkatan. Apalagi dengan adanya program yang telah disiapkan oleh pihak sekolah. Salah satunya, yakni arisan buku. “Jadi setiap murid wajib membawa buku bacaan dari rumah. Mulai dari kelas satu hingga kelas enam. Buku yang dibawah murid boleh buku cerita, seperti dongeng, sejarah dan lain-lain,” kata Puji kepada wartawan, Selasa (7/3/2023).
Ia menjelaskan, buku yang dibawah ke sekolah merupakan milik murid, tanpa harus membeli, buku tersebut dibawah ke sekolah awal tahun pelajaran baru. “Jadi buku dibawah tersebut akan dibaca sebelum jam pelajaran dimulai. Kemudian setelah buku tersebut telah dibaca seluruhnya akan ditukar dengan teman satu kelas. Setelah selesai satu bulan. Akan ditukar kembali dengan kelas lain,” terangnya. Dia menerangkan, setelah buku tersebut telah dibaca oleh seluruh murid. Maka buku itu, akan di simpan di perpustakaan sekolah. Sehingga kalau ada murid yang ingin membaca silakan saja ke perpustakaan untuk membaca dan meminjam untuk dibawah pulang.
Menurutnya, setiap guru akan terus melakukan motivasi kepada seluruh murid, agar selalu mau membaca buku. Membaca bukan hanya di perpustakaan saja, namun di pojok baca yang ada di setiap juga boleh. “Untuk buku yang ada di perpustakaan, seperti buku pelajaran dianggarakan melalui dana BOS. Tapi kalau buku bacaan seperti buku cerita, melalui arisan sekolah. Kita juga memiliki jadwal bagi murid-murid yang akan membaca di perpustakaan,” tuturnya.
Dirinya menambahkan, bahwa kita juga tidak menutup jika ada murid-murid yang ingin membaca di perpustakaan saat jam istirahat pelajaran. Sehari pembaca di perpustakaan bisa mencapai 70 hingga 100 murid.(sb-02/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *