DPRD Paser

Pemkab dan DPRD Paser Godok 9 Raperda Tahun Ini

159
×

Pemkab dan DPRD Paser Godok 9 Raperda Tahun Ini

Share this article
DPRD dan Pemkab Paser menggelar rapat paripurna membahas penggodokan 9 raperda di Gedung Baling Seleloi, Gedung Parlemen Paser, pada Senin (22/1/2024)

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Pemkab dan DPRD Kabupaten Paser akan menggodok 9 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) pada tahun 2024 ini. Hal tersebut  terungkap dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Paser, di Gedung Baling Seleloi, Gedung Parlemen Paser, Senin (22/1/2024).

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Paser, Abdullah menjelaskan, 9 raperda tersebut meliputi 5 raperda usulan Pemkab Paser dan 4 raperda inisiatif DPRD  Paser. 5 raperda usulan  Pemkab Paser, yakni Raperda Pemilihan Kepala Desa, Raperda Perubahan Atas Perda Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pengendalian Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan serta Raperda Penyelenggaraan Kearsipan.

“Selain itu, ada Raperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Paser Tahun 2025- 2045 dan Raperda perubahan ketiga atas Perda Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah,” kata H Abdullah, Rabu (24/1/2024).

Sedangkan 4 raperda inisiatif DPRD yakni Raperda Penyelenggaran Reklame, Raperda Pelestarian dan Perlindungan Cagar Budaya, Raperda Ruang Terbuka Hijau, Pertamanan dan Pemakaman serta Raperda Pedoman Pembentukan Produk Hukum Daerah. 9 buah raperda ini tertuang dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kabupaten Paser 2024. “Ini merupakan propemperda yang telah disusun antara DPRD dan Pemkab Paser selama 2024,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Paser dr Fahmi Fadli mengatakan, 5 raperda usulan Pemkab Paser telah menyesuaikan dengan peraturan yang lebih tinggi termasuk sesuai kondisi saat ini. “Saya mengucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada segenap pimpinan dan anggota dewan terhormat. Semoga apa yang kita niatkan dan kerjakan akan bernilai ibadah dan bermanfaat bagi Masyarakat Paser,”harap Bupati Fahmi.(sb-06)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *