Provinsi Kaltim

Pemprov Kaltim Harus Peduli dengan Arsip Daerah

30
×

Pemprov Kaltim Harus Peduli dengan Arsip Daerah

Share this article
Arsip sangat penting untuk menyelamatkan aset daerah

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kaltim bekerjasama dengan DPK Kota Samarinda menggelar pameran kearsipan menuju birokrasi maju, memori kolektif Bangsa dan peradaban bermartabat. Agenda tersebut menghadirkan narasumber Direktur Kearsipan Wilayah I Arsip Nasional RI, Rudi Anton didampingi kepala DPK Samarinda, Erham Yusuf sebagai moderator di Atrium Utama Bigmall, Samarinda, Sabtu (10/6/2023).

Kepala DPK Kaltim, HM Syafranuddin mengaku acara tersebut merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim sebagai bentuk kepedulian terhadap arsip pembangunan di daerah.
“Arsip adalah dokumen yang tidak bisa terbantahkan, karena itu perlu disosialisasikan dan pengelolaan arsip merupakan bentuk penyelamatan aset,” kata Ivan, sapaannya.
Di Kaltim sendiri, kata Ivan, ada program Siaga yang merupakan wadah sebagai bentuk penyelamatan arsip untuk keluarga. Masyarakat dapat menggunakan program tersebut untuk mengamankan arsip keluarga dari bencana sehingga memiliki salinan.
Kata dia, pameran kearsipan diharapkan memberikan manfaat untuk seluruh masyarakat Kaltim. Arsip nantinya juga akan beralih digitalisasi mengikuti perkembangan jaman. “Dari pameran ini, saya harap rasa cinta masyarakat akan tumbuh terkait pentingnya mengamankan dan melindungi arsip,” harapnya. Ia mengatakan, Pemprov Kaltim telah membuat program yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk melatih pelajar SMK terkait kearsipan.
“Kalau tidak dipedulikan dari sekarang bisa-bisa arsip kita akan hilang dimakan waktu. Arsip saat ini bisa dikatakan masih berantakan sehingga perlu penataan yang baik,” tutupnya.(sb-02/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *