Provinsi Kaltim

Pemprov Kaltim Siap Dukung Penyelesaian Lahan di IKN

37
×

Pemprov Kaltim Siap Dukung Penyelesaian Lahan di IKN

Share this article
Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur siap membantu serta berkoordinasi dengan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dalam penetapan lokasi dan pembebasan lahan jalan tol IKN.

“Sesuai arahan Menko Kemaritiman dan Investasi, semua pihak harus bahu membahu dan bekerjasama,” jelas Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni usai mengikuti Rapat Koordinasi Penyelesaian Lahan IKN dan Pembangunan Jalan Tol, di Rumah Jabatan Sekda, Jalan M Yamin Samarinda, Ahad, 4 Juni 2023.
Rakor yang dilaksanakan secara daring itu, dipimpin Menteri Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan dan diikuti sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu, di antaranya, Menteri PU dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadi Muljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Hadi Tjahjanto dan Kepala OIKN Bambang Susantono. Sementara, Sekdaprov Kaltim Sri Wahyuni didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra, M Syirajudin dan Kepala Biro Pemerintahan Siti Sugiyanti. Sekda Sri Wahyuni mengatakan untuk penetapan lokasi (penlok) pembangunan tol di IKN merupakan wewenang OIKN. Namun, saat ini lembaga tersebut masih belum memiliki tenaga teknis.
“Pemprov Kaltim diminta untuk membantu prosesnya. Tapi penetapan dilakukan OIKN,” tandasnya. Proses tersebut, lanjutnya, tengah berjalan. Dari tujuh usulan penlok pembangunan jalan tol, lima diantaranya dalam proses penyelesaian.
“Dua lagi, kita menunggu dokumen usulan dari pemrakarsa yaitu Kementerian PUPR,” tutur Sri Wahyuni. Menteri Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan meminta semua kementerian, lembaga dan pemerintah daerah, untuk dapat bekerja bersama-sama, agar penyelesaian lahan dan pembangunan jalan tol di IKN dapat rampung sesuai waktu yang ditargetkan.
“Kita semua berkolaborasi, keroyokan rame-rame agar penlok cepat selesai,”kata Luhut.
Secara khusus, Menko Luhut meminta Pemprov Kaltim untuk mensupport OIKN dalam proses penlok lahan di IKN karena terbatasnya personil OIKN.
“Pemprov Kaltim nanti saya minta bisa menempatkan orang-orangnya untuk membantu OIKN,” ungkapnya. (gie/yans/adpimprovkaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *