Provinsi Kaltim

Pentingnya Menanamkan Gemar Membaca Sejak Dini

40
×

Pentingnya Menanamkan Gemar Membaca Sejak Dini

Share this article
Anggota DPRD Kaltim Bagus Susetyo

SAMARINDA,suarabalikpapan.com–Dinas Perpustakaan mendorong tenaga pendidik dan orangtua untuk menanamkan gemar membaca pada anak-anak sejak usia dini. Anggota DPRD Kaltim Bagus Susetyo mengatakan, minat baca yang tumbuh sejak dini akan membentuk dan memperluas wawasan anak-anak, agar menjadi generasi muda yang cerdas.

“Orangtua bisa membacakan buku cerita atau buku dongeng pada anak-anaknya mulai usia balita, agar  minat baca pada anak-anak kita tumbuh dan semakin tinggi ketika mereka beranjak besar,” kata Bagus baru-baru ini.
Diakuinya, budaya membaca di Indonesia masih kurang. Masyarakat lebih cenderung menyukai menonton televisi. Terlebih dengan pesatnya perkembangan dan kecanggihan  digitalisasi saat ini. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sudah terbiasa menggunakan gadget.
“Anak-anak sekarang kalau menangis langsung diberi gadget. Mereka lebih suka menonton dan bermain game daripada membaca,” ujarnya.
Bagus Susetyo mengingatkan, harus ada peran dan edukasi yang besar dilakukan oleh sekolah dan OPD terkait untuk meningkatkan literasi anak-anak.
“Budaya kita itu tontonan dari mata, bukan dari fasilitas yang harus dibaca. Mudah-mudahan kurikulum sekolah sekarang yang katanya berbeda  bisa jadi pembelajaran. Bukan hanya satu guru yang memberikan, tapi mereka berdiskusi, sehingga guru sebagai narasumber untuk memfasilitasi diskusi agar mereka berani menyampaikan pendapat, berargumen. Termasuk dengan OPD terkait, harus meningkatkan upaya literasi pada anak-anak,”pungkasnya.(sb-02/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *