by

Percepat Penyaluran Bantuan bagi Korban Banjir, Pemkab Paser Gunakan Helikopter

TANA PASER,suarabalikpapan.com- Bupati Paser dr  Fahmi Fadli mengerahkan 1 unit helikopter untuk menyalurkan bantuan logistik bagi  warga yang terisolir akibat banjir di Desa Kepala Telake, pada Sabtu (9/10/2021). Bantuan harus menggunakan helikopter sebab kendaraan tidak bisa melintas akibat banjir.

Kepala bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Paser, Abdul Kadir mengatakan, pengerahan helikopter tersebut merupakan  bentuk perhatian dari Bupati Paser yang tak ingin menunggu lama untuk menyalurkan bantuan. “Sesuai perintah Bapak Bupati, untuk segera mendistribusikan bantuan logistik ke Desa Kepala Telake yang terisolir  menggunakan helikopter,” kata Kadir yang juga juru bicara Bupati Paser kepada awak media, Minggu (10/10/2021).

Menurutnya, Bupati Paser tidak menginginkan warganya menjadi korban akibat lambatnya pendistribusian logistik ke lokasi terdampak banjir yang terisolir. “Bupati tidak ingin menunggu banjir surut, karena warga sudah sangat membutuhkan bantuan logistik saat ini, apalagi pada desa yang terisolir,” akunya.

Sebelumnya, kata Kadir, sebelumnya Wabup Hj Syarifah Masitah Assegaf ingin menyerahkan bantuan secara langsung kepada warga terdampak banjir di Desa Kepala Telake namun tidak bisa lantaran sejumlah jalan utama putus akibat diterjang banjir sehingga Wabup hanya sampai di Desa Perkuin.

Sementara itu,  Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Paser Salman mengatakan, untuk menyalurkan bantuan ke lokasi terdampak banjir hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit.  “Dalam kondisi normal atau cuaca baik untuk menuju desa Kepala Telake waktu tempuh 5 sampai 6 jam dari Desa Pait, Kecamatan Long Ikis menggunakan jalur darat. Bantuan logistik diperkirakan cukup untuk kebutuhan  warga selama 10 hari ke depan. Sementara untuk menyewa helikopter Pemkab Paser membayar  Rp 45 juta per jam.,” kata Salman.

Sementara itu, Kepala Desa Kepala Telake Jumadi mengucapkan terima kasih kepada Bupati Paser dan jajarannya yang telah merespon cukup cepat guna memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir. “Kami berterima kasih kepada Bapak Bupati yang punya perhatian besar kepada warga kami yang terdampak banjir,” ucapnya.

Ia menambahkan, bantuan dari Pemkab Paser dibagikan kepada 62 kepala keluarga (KK) atau sekitar  225 jiwa pada 2 RT di Desa Kepala Telake. “Untuk itu, saya mewakili Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Kepala Telake mengucapkan terimakasih  sebesar-besarnya kepada Bapak Bupati Paser dr Fahmi Fadli yang telah menyalurkan bantuan bagi warga terdampak banjir,” pungkasnya.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini