DPRD Balikpapan

Persiapan Pelimpahan Pajak STNK, Syukri Usul Pembentukan Kantor Samsat Balikpapan

54
×

Persiapan Pelimpahan Pajak STNK, Syukri Usul Pembentukan Kantor Samsat Balikpapan

Share this article
Anggota Bapemperda DPRD Kota Balikpapan Syukri Wahid

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Sejumlah penerimaan pajak dan retribusi daerah akan diserahkan oleh Pemprov Kaltim kepada pemerintah kota dan kabupaten termasuk Kota Balikpapan tahun 2023 ini. Sehingga nantinya bisa memaksimalkan pendapatan asli daerah (PAD).

Menurut Anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Balikpapan Syukri Wahid, salah satunya yang akan diserahkan Pemprov Kaltim yaitu  pajak Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). “Untuk itu, Pemerintah Kota Balikpapan harus menyiapkan fasilitas, apabila pajak tersebut dilimpahkan ke kabupaten/kota,”kata Syukri Wahid kepada awak media di Gedung Parlemen Balikpapan, pada Rabu (25/1/2023).

Diakui Syukri, pihaknya sedang melakukan pembahasan revisi beberapa Perda yang sudah tidak sesuai dengan Undang-Undang Nomor : 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPPPD) dengan mencabut Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004  tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah.

Syukri juga mendorong kepada Pemkot Balikpapan sebelum  pelimpahan beberapa pajak dan retribusi tersebut dari Pemprov Kaltim ke Pemerintah Kabupaten/Kota seharusnya sudah menyiapkan Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Balikpapan dengan skema pembagian 65 persen untuk Pemkot Balikpapan dan 35 persen untuk Pemprov Kaltim.(sb-03).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *