by

Perumda Tirta Manuntung Digelontorkan Dana Rp12 M, Untuk 3.000 Sambungan Baru Air Bersih Warga Tidak Mampu

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkot Balikpapan sepakat menganggarkan Rp12 miliar pada Perubahan APBD (P-APBD) Kota Balikpapan 2021 kepada Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Manuntung Balikpapan untuk pemasangan 3.000 sambungan baru air bersih kepada masyarakat tidak mampu. Pemasangan sambungan baru air  bersih ini sesuai dengan visi dan misi Wali Kota yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Balikpapan 2021-2026.

Ketua Komisi III DPRD Balikpapan Alwi Al Qadri menyambut baik adanya pemasangan sambungan baru air bersih tersebut kepada warga Balikpapan tidak mampu. “Kami menyambut baik adanya program sambungan baru air bersih kepada masyarakat kurang mampu ini. Saat ini, sudah mulai dikerjakan di wilayah Balikpapan Timur. Harapan kami seluruh wilayah Balikpapan bisa terlayani termasuk di Balikpapan Barat,” kata Alwi kepada awak media, di gedung parlemen Balikpapan, Rabu (15/9/2021).   

Hal senada diungkapkan anggota Banggar DPRD Balikpapan Syukri Wahid, ia mengaku, telah menganggarkan Rp12 miliar di Perubahan APBD 2021 kepada Perumda Tirta Manuntung Balikpapan untuk 3.000 sambungan baru air bersih bagi warga kurang mampu di Balikpapan. “Progam ini diberikan kepada masyarakat tidak mampu sebagai upaya pemerataan pelayanan air bersih dari pemerintah kepada masyarakat Balikpapan,”pungkasnya.

Sebelumnya Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud mengatakan, pemasangan sambungan air bersih ini sesuai visi dan misi Pemkot Balikpapan yang dilaksanakan Perumda Tirta Balikpapan. “Kami memiliki tugas melayani masyarakat terutama air bersih sebagai kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari,” ujar Rahmad.

Pemerintah kota, kata Rahmad, terus mencari sumber air baku untuk memaksimalkan pelayanan air bersih kepada masyarakat Balikpapan. “Untuk tahun 2022, kami menargetkan pemasangan ribuan sambungan baru air bersih sebagai komitmen pemerintah kota dan Perumda Tirta Manuntung dalam memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat,” pungkasnya.(sb-03).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini