DPRD Balikpapan

Puryadi Minta Pemkot Antisipasi Dampak IKN dan Proyek RDMP

26
×

Puryadi Minta Pemkot Antisipasi Dampak IKN dan Proyek RDMP

Share this article
Sekretaris Komisi I DPRD Kota Balikpapan Puryadi

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com–Meningkatnya jumlah pendatang di Kota Balikpapan setelah Kaltim ditetapkan sebagai Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara serta adanya proyek perluasan kilang (RDMP) perlu mendapat perhatian serius dari Pemkot Balikpapan. Demikian diungkapkan Sekretaris Komisi I DPRD Kota Balikpapan, Puryadi kepada awak media di ruang kerjanya, pada Rabu (24/4/2024).

Puryadi menuturkan, bertambahnya penduduk di Balikpapan itu pasti akan terjadi, hal ini dikarenakan adanya IKN dan proyek RDMP. Menurutnya jumlah pendatang yang mencapai 60 ribu orang, angka tersebut belum seberapa. Sebab ketika IKN sudah berjalan di bulan Agustus 2024 maka perpindahan penduduk dari luar daerah ke Kaltim khususnya Balikpapan akan semakin banyak.

Untuk itu, politisi NasDem inipun meminta kepada Pemkot Balikpapan agar bersiap menerima lonjakan pendatang ke Balikpapan. “Kita mau tidak mau harus siap menerima lonjakan pendatang yang masuk ke Balikpapan,” katanya.

Puryadi menambahkan, untuk mengantisipasi lonjakan pendatang sebaiknya Pemkot sudah mulai melakukan pengembangan wilayah. Selain itu pengembangan insfrastruktur juga perlu dilakukan Pemkot Balikpapan mulai sekarang. Salah satunya pengembangan jalan-jalan di Balikpapan.

“Perhatikan saja sekarang ini, Balikpapan sudah mulai macet dimana-mana. Kalau tidak segera mengambil langkah antisipasi, bisa terjadi macet total di Balikpapan,” ungkapnya. “Ya untuk mengantisipasi kemacetan salah satunya di Balikpapan, mungkin perlu segera di bangun jalan layang (Fly Over) di beberapa titik,” usulnya.(sb-02)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *