Provinsi Kaltim

Rakor Monev P3DN, Dorong Realisasi Pembelanjaan E-Katalog Pelaku UMKM

35
×

Rakor Monev P3DN, Dorong Realisasi Pembelanjaan E-Katalog Pelaku UMKM

Share this article
Pelaksanaan Rakor Monev P3DN di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, pada Selasa (6/6/2023).

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Provinsi Kaltim menggelar Rapat Koordinasi, Monitoring, dan Evaluasi (Rakor Monev) Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri ( P3DN) di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, pada Selasa (6/6/2023).

Kegiatan ini dalam rangka mendorong realisasi belanja barang/jasa Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur.
Kepala Biro BPBJ Provinsi Kaltim, Buyung Doni Gunawan mengatakan, tujuan  kegiatan ini dalam rangka penguatan sektor UMKM agar tumbuh dengan baik. Selain itu, meningkatkan koordinasi antar stakeholder terkait capaian dan kendala-kendala  SKPD dalam pembelanjaan e-katalog.
“Secara umumnya kendala menggunakan e-katalog diantaranya SDM penyedia yang belum mau belajar lebih jauh karena harus melengkapi beberapa administrasi seperti NPWP, dan legalitas perusahaan lainya,”ujar Buyung kepada awak media usai kegiatan.
Sebenarnya, kata Dia,  kendala-kendala yang ada sangat mudah diselesaikan tetapi orang tidak mau melangkah ke dalam zona yang agak sulit sedikit. Padahal prosesnya lebih mudah.
“Begitupun di perangkat daerah harus seimbang kita dorong pelaku usaha  masuk dan  harus sinergi. Untuk di Kaltim seluruh Kabupaten/Kota sudah menggunakan e-catalog, cuma seberapa besar pemanfaatannya. Seperti di Mahulu kecil penyedianya. Ya minimal yang dasar-dasar dulu seperti penyedia makanan dan minuman dan training service,” terangnya.
“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini para pelaku usaha yang belum paham bisa belajar  di IG Biro BPBJ Pemprov Kaltim. Nah, disitu  kami melakukan pendampingan atau coaching clinic. Silakan untuk bertanya tidak usah datang ke Samarinda, kita melalui zoom  saja,” pintanya.(sb-02/adv/kominfo-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *